Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru bahwa kemampuan anak dalam berhitung pengurangan 1-10 masih kurang. Hal ini Nampak dari proses pembelajaran dan media berhitung pengurangan yang kurang menarik, minat berhitung pengurangan 1-10 pada anak juga masih rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah permainan pecah air dalam plastik dapat meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan 1-10 pada anak kelompok A RA Bahrul Ulum III Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018?.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan menggunakan tiga siklus penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif.Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 yang berjumlah 17 anak terdiri 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru.Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus diperoleh data nilai peningkatan kemampuan berhitung pengurangan 1-10 dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 35,3%, pada siklus II mengalami peningkatan 47,1%, sedangkan pada siklus III sebesar 82,3% yang dinyatakan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan pecah air dalam plastik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan 1-10 pada anak kelompok A RA Bahrul Ulum III Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018
Arikunto Suharnani, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Harnani, Sri. 2016. Peningkatan Kemampuan Matematika Penjumlahan Pengurangan Menggunakan Permainan Dakon pada Anak Kelompok B TK Pamardi Siwi Muja-Muju. Skripsi Dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Online. Tersedia di: http://eprints.uny.ac.id/29521/1/SKRIPSI%20Sri%20Harnani%20%2811111244036%29.pdf. Diakses tanggal 13 Maret jam 18.17 wib
Musfiroh, Tadkiroatun, dan Tatminingsih, Sri. 2015. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka
Montolalu.2008.Materi Pokok Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Semiawan, Cony R. 2008. Belajar Dan Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Indeks
Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi