Pendidikan Anak Usia Dini merupakan Pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan anak memasuki pendidikan selanjutnya yaitu pada jenjang sekolah dasar. Tetapi kenyataannya dalam perkembangan anak mengalami sedikit masalah, sesuai hasil pengamatan dan pengalaman guru di TK Kusuma Mulia Al Falah, bahwa kemampuan mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B masih rendah, hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang optimal dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Pemanfaatan media Number Toys dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Al Falah Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 25 terdiri dari 8 anak perempuan dan 17 anak laki-laki. penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & Mc. Taggart. Sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Hasil ketuntasan belajar anak didik pada siklus I mencapai 44%, yaitu masuk dalam katagori kurang meningkat. pada siklus II hasil ketuntasan belajar mencapai 64%, yaitu masuk pada katagori cukup meningkat. pada siklus III hasil ketuntasan belajar 92%, yaitu masuk pada katagori meningkat. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa kemampuan mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Al Falah Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui media Number Toys.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujiono, Yuliani Dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sujiono, Yuliani Dkk. 2013. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Zaman, Badru. 2014. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.