MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK MELALUI MEDIA KONGUAN (KOTAK BANGUN RUANG) PADA ANAK KELOMPOK B RA KUSUMA MULYA 10 KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MARITA NUR ISTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan guru, bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B RA Kusuma Mulya 10 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri masih sangat rendah. Kemampuan mengenal bentuk sangat penting dikuasai oleh anak, karena disekitar anak banyak bentuk yang harus diketahuinya dan supaya anak dapat mempelajari konsep matematika pada jenjang selanjutnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media KONGUAN(Kotak Bangun Ruang). Permasalahan penelitian ini adalah Apakah media KONGUAN(Kotak Bangun Ruang) dapat meningkatkan  kemampuan mengenal bentuk pada anak kelompok B RA Kusuma Mulya 10 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitin Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan subyek penelitian anak kelompok B RA Kusuma Mulya 10 Kecamatan Mojoroto yang berjumlah 34 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM dan RPPH. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja aktivitas anak dan observasi proses pembelajaran. Hasil ketuntasan belajar anak pada pra tindakan yaitu 41%, Siklus I mencapai  53% masuk dalam kategori kurang meningkat. Siklus II mencapai 67% masuk dalam kategori cukup meningkat. Siklus III mencapai 88% masuk dalam kategori meningkat. Sehingga dapat disimpulan bahwa kemampuan mengenal bentuk pada anak kelompok B RA Kusuma Mulya 10 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui media KONGUAN(Kotak Bangun Ruang)


Keyword

a

Reference

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Andriani, Zunita. 2013. Peningkatan Pemahaman Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Anak Kelompok B TK KKLKMD Kuwon Ba,banglipuro Bantul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2013.  Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Rustiyanti, Desy Wahyu. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri Pada Anak Kelompok Adi TK Arum Puspita Triharjo Pandak Bantul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI