MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG JUMLAH BENDA 1-10 MELALUI PERMAINAN STICK WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK PLUS AN-NIDA WATESKROYO KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MERY DWI KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0016

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru, bahwa kemampuan menghitung jumlah benda 1-10 pada anak kelompok A TK Plus An-Nida Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung masih sangat rendah. Kemampuan menghitung merupakan dasar dari pengenalan matematika permulaan yang memerlukan stimulasi sejak dini. Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan stick warna dapat meningkatkan kemampuan menghitung jumlah benda 1-10 pada anak kelompok A TK Plus An-Nida Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018?.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart dengan subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja aktivitas siswa dan lembar observasi proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil ketuntasan belajar anak didik pada pra tindakan yaitu mencapai 35%, pada siklus I mencapai 50%, yaitu masuk dalam kategori kurang meningkat. Pada siklus II mencapai 70%, yaitu masuk dalam kategori cukup meningkat. Pada siklus III mencapai 90%, yaitu masuk dalam kategori meningkat. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan menghitung jumlah benda 1-10 pada anak kelompok A TK Plus An-Nida Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui permainan stick warna


Keyword

a

Reference

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Ciracas, Jakarta: Erlangga.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Prenada Media Grub.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI