Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan guru bahwa kemampuan motorik halus pada anak kelompok A RA Da’watul Khoiriyah masih sangat rendah, disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menarik, penggunaan media yang kurang bervariatif, serta kegiatan pembelajaran kurang memasukkan unsur permainan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan permaianan memasukkan air ke dalam botol dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A RA Da’watul Khoiriyah Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis Taggart dengan subyek penelitian 20 anak kelompok A RA Da’watul Khoiriyah yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar instrument pengumpulan data berupa lembar penilaian hasil unjuk kerja anak dan lembar observasi guru. Ketuntasan belajar anak dari pra tindakan baru mencapai 25%, pada siklus I mencapai nilai ketuntasan sebesar 35%, siklus II meningkat menjadi 55%, dan siklus III meningkat lagi mencapai 85%. Kesimpulan dari penelitian ini, melalui permainan memasukkan air ke dalam botol dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A RA Da’watul Khoiriyah Tamanan Ringinrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Prenada Media Group
Sujiono, Bambang. 2015. Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka
Suyadi, 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia
Wiyani, Novan Ardi, 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-Ruzz Media