Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Menggunakan Kertas Origami Pada Anak Kelompok B TK Al Hidayah Darul Ulum Kaliboto Wonodadi Blitar


Author (Penulis)

HENDRIK SUDARNANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0010

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian perkembangan anak, bahwa terdapat 87% dari 23 anak Kelompok B di TK Al Hidayah Darul Ulum Kaliboto Wonodadi Blitar yang masih belum tuntas dalam pengembangan kemampuan motorik halusnya. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan melipat menggunakan kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 23 anak Kelompok B TK Al Hidayah Darul Ulum Kaliboto Wonodadi Blitar. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan pedoman/rubrik penilaian. Alat yang digunakan adalah lembar instrumen observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75% dari 23 anak memiliki keterampilan motorik halus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga Siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar motorik halus anak pada Siklus I sebesar 35%, pada Siklus II sebesar 61%, dan pada Siklus III sebesar 82%. Perolehan persentase pada Siklus III membuktikkan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan >75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak Kelompok B di TK Al Hidayah Darul Ulum Kaliboto Wonodadi Blitar


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Macam-macam origami. (online) Tersedia :   http://olvista.com/hobby/macam-macam-origami/.Diunduh 2 Junuari 2017.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2004. Educational Psychology Windows on Classrooms. New Jersey: Pearson education.

Eloisa, E. 2017. Permainan untuk Melatih Motorik Halus Si kecil. (online). Tersedia: https://keluarga.com/3965/8-permainan-untuk-melatih-motorik-halus-si-kecil diunduh 1 Januari 2018.

Einon, Dorothy. (2005). Permainan Cerdas untuk Anak. (Alih bahasa: Fita Fitria Agriningrum). Jakarta: Erlangga.

 https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/2013/11/metode-pembelajaran-di-tk.html Diakses pada tanggal 16 Desember 2017, jam 18.37 WIB.

https://www.scribd.com/document/318730239/PENINGKATAN-KEMAMPUAN-MOTORIK-HALUS-ANAK-USIA-4-5-TAHUN-MELALUI-KEGIATAN-MENGGUNTING-DENGAN-METODE-DEMONSTRASI-DI-KELOMPOK-BERMAIN-LEMBAH-TERIANG-PAGA. Diakses pada tanggal 16 Desember 2017, jam 18.54 WIB.

https://keluarga.com/3965/8-permainan-untuk-melatih-motorik-halus-si-kecil. Diakses pada tanggal 1 Januari 2018, jam12.00 WIB.

Madya, Suwarsih. (2007). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: CV Alfabeta.

Moedjiono dan Dimyati. M. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud, Dirjen Dikti. Jakarta

Paat, R.D. 2012. Kreasi Kartu Ucapan dengan Origami Jakarta: Grasindo.

Pratiwi, Hery. (2009). Eksperesial Leaning. Diakses dari. http://henynipratiwi. wordpress.com/2009/07/24/eksperinsial-liaming/pada tanggal 3 november 2017, jam 18.45 WIB.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman kanak-Kanak. Jakarta: Litera.

Sudijono, Anas. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI