MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN STICK ICE CREAM PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TUNGGANGRI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ERVINA EKA LUFITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0009

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian perkembangan anak, yang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok TK Dharma Wanita Tunggangri Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 masih sangat rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah permainan Stick Ice Cream dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Tunggangri Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018”.  Tujuan penggunaan pembelajaran ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunggangri Kabupaten Tulungagung antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan permainan stick ice cream untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunggangri. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunggangri yang berjumlah 10 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan ketuntasan belajar anak didik pada siklus I 30%, yaitu masuk dalam kategori kurang meningkat sehingga dilakukan pada siklus II. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar anak mencapai 70%, yaitu masuk dalam kategori cukup meningkat. Pada siklus III hasil ketuntasan belajar anak mencapai 90%, yaitu masuk dalam kategori meningkat. Berdasarkan hasil penelitian  disini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunggangri Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui permainan stick ice cream.


Keyword

a

Reference

Arikunto Suharni, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asep Jihad. 2008. Pengembangan  Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi  Pressindo

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta : Tugu Publiser.

Montolalu, B.E.F, dkk. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani.2013. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI