Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian kemampuan motorik halus pada anak kelompok B RA Irsyadul Ibad Karangpakis Kecamatan Purwoasri Kabupaten kediri masih rendah, dari 23 anak dinyatakan hanya 26,1% tuntas dalam pembelajaran motorik halus. Rendahnya tingkat ketuntasan belajar ini dikarenakan metode atau teknik yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Permasalahan ini dipecahkan melalui Penelitian Tindakan kelas berupa kegiatan menganyam dengan rumusan masalah “Apakah Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Kertas Bufallo Warna-Warni dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik halus anak Kelompok B RA Irsyadul Ibad Karangpakis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 ?”. Desain yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan teknik penilian hasil karya dengan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian motorik halus anak atau rubrik penilaian hasil karya, dan lembar observasi pembelajaran. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan persentase ketuntasan belajar waktu sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan dengan tingkat ketuntasan belajar minimal 75% . Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari kegiatan pembelajaran selama tiga minggu menunjukkan tingkat ketuntasan belajar pada tindakan siklus terakhir mencapai 95,66% dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima karena setelah dilakukan tindakan ketuntasan belajar melebihi 75%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motorik halus pada anak kelompok B RA Irsyadul Ibad Karangpakis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui kegiatan menganyam menggunakan kertas bufallo warna-warni.
Arikunto, Suharsini, Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Beal, Nancy. (2003). Rahasia Mengajarkan Seni Pada Anak. Yogyakarta: Pripoenbooks
Decaprio. 2013. Aplikasi Teori Pembeljaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI)
Hadi. 2011. Modul Perkembangan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Anak Usia Dini. Kediri:Universitas nusantara PGRI Kediri
Suyadi, Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zaini. 2015. Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jawa Tengah: STAIN Kudus