MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN CIRAK ANGKA PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PUNJUL 3 DESA PUNJUL KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

SAIFUL EFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0002

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penilaian anak dalam kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Punjul 3 Desa Punjul Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, dari 28 anak persentase ketuntasan sebesar 67,2% dan dinyatakan belum tuntas karena ketuntasan belajar anak masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebesar 75%. Masalah ini dipecahkan dengan Penelitian Tindakan Kelas berupa permainan cirak angka. Rumusan masalah ini adalah “ Apakah melalui permainan cirak angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Punjul 3 Ds. Punjul Kec, Plosoklaten Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Desain yang di pilih dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart dan siklus yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Data dikumpukan dengan teknik unjuk kerja dan pengamatan. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan persentase ketuntasan belajar waktu sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan dengan norma 75%. Hasil analisis data menunjukkan persentase ketuntasan belajar setelah siklus terakhir dilaksanakan mencapai 79,92% dengan demikian hipotesis tindakan dinyatakan diterima karena setelah dilakukan tindakan ketuntasan belajar melebihi 75%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Punjul 3 Desa Punjul Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui permainan cirak angka.


Keyword

a

Reference

Arikunto Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

 

Burhanidin 2016. Bermain lambang bilangan untuk anak usia dini. Tangerang selatan : aksara pustaka edukasi team.

 

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009.Standar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

 

Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta ; Gava Media.


PUBLISHED

2018-08-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI