Meningkatkan Kemampuan Menyebut Bilangan 1 - 20 Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B TK Islam Addahlan Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

PUTRI MIFTAKUL JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0001

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian anak dalam kemampuan menyebut bilangan 1 – 20 ada anak kelompok B TK Islm Addahlan Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, dari 21 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan dinyatakan belum tuntas 14,2 %. Masalah ini dipecahkan dengan Penelitian Tindakan Kelas berupa permainan balok angka dengan rumusan masalah“Apakah Melalui Permainan Balok Angka dapat Meningkatkan Kemampuan Menyebut Bilangan 1 – 20 pada Anak kelompok B TK Islam Addahlan Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018?” Desain yang dipilih dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Taggart dan siklus yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Data dikumpulkan dengan teknik unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan persentase ketuntasan belajar waktu sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan dengan norma 75% / lebih. Hasil analisis data menunjukan persentase ketuntasan belajar setelah siklus terakhir dilaksanakan mencapai 80, 9%, dengan demikian dinyatakan diterima karena setelah dilakukan tindakan ketuntasan belajar melebihi 75%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan menyebut bilangan 1 – 20 pada anak kelompok B TK Islam Addahlan Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Pada Tahun Pelajaran 20 17/2018 dapat ditingkatkan melalui permainan balok angka.


Keyword

a

Reference

Candrawati Titi, Yufiarti. 2008. Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Metode Pengembangan Konsep Kognitif. Jakarta:  Universitas Terbuka

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


PUBLISHED

2018-08-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI