PENGEMBANGAN MEDIA KABIB (KARTU BELAJAR AJAIB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BERBAGAI SUMBER ENERGI TEMA 2 SISWA KELAS IV SDN 1 KARANGAN


Author (Penulis)

ARIF HERU WIYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0369

Abstract

ABSTRAK

Arif Heru Wiyono: Pengembangan Media KABIB (Kartu Belajar Ajaib) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Berbagai Sumber Energi Tema 2 Siswa Kelas IV SDN 1 Karangan.

           

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Karangan, bahwa perlu adanya bahan ajar berupa media pembelajaran, yang dapat digunakan untuk menambah semangat siswa dalam memahami materi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media KABIB. Tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui kevalidan media KABIB untuk  meningkatkan  kemapuan memahami berbagai sumber energi kelas IV, (2) mengetahui keefektifan media KABIB untuk meningkatkan kemampuan memahami berbagai sumber energi kelas  IV.

            Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE.. Langkah-langkah prosedural dari model ADDIE terdiri dari langkah Analysis, yaitu langkah  yang dimulai dengan melakukan observasi dan wawancara dengan wali kelas. Design, yaitu langkah awal untuk merencanakan sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Development, yaitu langkah perwujudan desain yang telah disusun sebelumnya. Implementation, yaitu langkah penerapan dari produk kepada subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 1 Karangan. Langkah awal dilakukan uji coba terbatas pada siswa kelas IV-B  sejumlah 5 siswa, dan selanjutnya dilaksanakan uji coba luas pada siswa kelas IV-A sejumlah 15 siswa. Evaluation, yaitu langkah ini dilakukan dengan membawa media kepada validator ahli dibidangnya, yaitu ahli media dan ahli materi.

            Hasil dari penelitian pengembangan media KABIB (Kartu Belajar Ajaib) adalah (1) Media  KABIB dikatakan valid dengan memeroleh hasil 100% untuk uji kevalidan. (2) Materi hand out dan soal post test siswa dikatakan layak digunakan, dengan memeroleh hasil 89% untuk validasi materi, dan 84% untuk validasi soal post test. (3) Media KABIB dikatakan efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil 88%, dan dinyatakan efektif pada uji coba luas dengan hasil 87,7%. Meningkat jika dibandingkan dengan ulangan harian siswa.

            Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu bahwa media KABIB valid dan dapat digunakan secara efektif untuk materi memahami berbagai sumber energi tema 2 siswa kelas IV SDN 1 Karangan.

Kata kunci: Media Pembelajaran, KABIB (Kartu Belajar Ajaib), Memahami Berbagai Sumber Energi.


Keyword

Media KABIB (Kartu Belajar Ajaib) , Kemampuan, Sumber Energi

Reference

Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

____________. 2002. Media Pembelajaran. edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Toturial Nurani Sejahtera.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya.

Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).

Mukmin, B. A.. 2016. Pengembangan Buku Ajar Ipa Berbasis Problem Solving Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(02).

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik.Yogyakarta: Diva PRESS.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grasindo.

Sadiman, A.S. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sastrawijaya, A. Tresna. 1991. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sundayana, Wachyu, 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga.

Susilana, Rudi. Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Umayah, S., Haryani, S., & Sumarni, W. (2013). Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi sebagai Media Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Kehidupan. Unnes Science Education Journal, 2 (2).

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yani, R.F. 2001. Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbentuk Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) di Sekolah Menengah Pertama. (Sekripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Zunaidan, F. N. & Amin, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368, diunduh 13 Oktober 2018.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade