PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERCANGKRING KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NUR LAILY FARADILA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0368

Abstract

                                                                                                                                             ABSTRAK

 

            Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya masih di bawah KKM. Hal tersebut karena pembelajaran yang di lakukan masih konvensional dan tanpa di dukung model dan media pembelajaran sehingga siswa banyak yang pasif dan minat siswa dalam belajar rendah.

            Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya tanpa menggunakan model snowball throwing dan media audio visual siswa kelas IV SDN Sumbercangkring kecamatan gurah kabupaten kediri. (2) untuk mengetahui kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya menggunakan model snowball throwing di dukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring kecamatan gurah kabupaten kediri. (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model snowball throwing di dukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring Kecamatan Gurah Kabupaten kediri.

            Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan mengambil jenisnya yaitu nonequivalent control group design dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang di gunakan adalah SPSS 21 for windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%.

            Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa (1) pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil posttest tanpa menggunakan model snowball throwing dan media audio visual adalah 72,32. Sehingga belum mencapai KKM. (2) Pada kelas eksperimen nilai hasil rata-rata posttest menggunakan model snowball throwing di dukung media audio visual adalah 89,28 telah mencapai KKM. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model snowball throwing di dukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring . Hal ini dapat di ketahui dari nilai t hitung sebesar 8.876 dan t tabel 5% sebesar 1.701 dengan df 56 maka t hitung lebih  besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% (8.876>1.701). selain itu dapat di lihat dari hasil uji t sig. (2-tailed) di peroleh hasil 0,00 dapat di simpulkan 0,00 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model snowball throwing di dukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring.

 

Kata Kunci  : Snowball Throwing, Audio Visual, Ilmu Pengetahuan Sosial

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Aqib,Zainal&Murtadlo.(2016). Kumpulan Metode Pembelajaran.Bandung: Yrama Widya

Darsono & Widyakarmilasari, (2017). Kompetensi Profesional Mata Pelajaran Guru Kelas SD,tersedia:https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/materi/SD/ILMU-PENGETAHUAN SOSIAL.pdf) , diunduh 15 juli 2017.

 

Kurniasih Imas, & Berlin Sani.(2015).Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena

 

Sanjaya Wina  .(2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta:Prenadamedia Group

 

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI