PENGARUH MODEL INQUIRY DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR DAN FUNGSI ANGGOTA TUBUH DENGAN KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS 1 SDN JONGBIRU KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RISA OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0366

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan pada hasil belajar bahasa Indonesia yang sangat rendah. Hal ini diketahui karena guru masih menggunakan model dan media  yang kurang sesuai, sehingga menyebabkan siswa pasif dan berakibat pada kemampuan.

Permasalahan penelitan ini adalah : 1. Apakah model inquiry didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana pada siswa kelas I SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri?, 2. Apakah model inquiry didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana pada siswa kelas I SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri?, 3. Adakah Perbedaan pengaruh antara model inquiry didukung media realia dibanding dengan model inquiry didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana   pada siswa kelas I SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri?

Penelitian ini menggunakan teknik pretest-postest control group design dengan pendekatan penelitian kuantitaif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IA dan IB SDN Jongbiru dengan jumlah 20 siswa kelas IA dan 20 siswa kelas IB. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) penggunaan model pembelajaran inquiry di dukung media realia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana pada siswa kelas I SDN Jongbiru Kab. Kediri. Hal ini terbukti th = 7,454 > tt 1% = 2,861. 2) penggunaan model pembelajaran inquiry di dukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana pada siswa kelas I SDN Jongbiru Kab. Kediri. Hal ini terbukti th = 2,917, > tt 5% = 2,861. 3) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pengggunaan model pembelajaran inquiry didukung media realia dibanding model inquiry didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana pada siswa kelas I SDN Jongbiru Kab. Kediri. Hal ini terbukti th = 4,588 > tt 5% = 2,217 dan berdasaran perbandingan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih baik yaitu 81,50> dibanding nilai rata-rata kelompok kontrol 73,8.

KATA KUNCI  :Model Inquiry, Media Realia, kemampuan mendeskripsikan, benda-benda di sekitar, fungsi anggota tubuh.


Keyword

MODEL INQUIRY DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR DAN FUNGSI ANGGOTA TUBUH DENGAN KALIMAT SEDERHANA

Reference

Kurniasih. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata Pena

Pujita. 2006. Media Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade