PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN WAKTU DAN PANJANG SISWA KELAS 1 SDN SETONOREJO 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

KRISNA AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0356

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pembelajaran matematika  materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang di  kelas 1 SDN Setonorejo 2 masih kesulitan dalam memahami materi ini dapatdilihatdarinilaisiswakelas 1 SDN Setonorejo 2 padamaterimenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganwaktudanpanjangmasihdibawah KKM.Tujuan penelitian ini sebagai berikut. (1). Untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang dengan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa didukung media audio visual. (2). Untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang dengan model pembelajaran Problem Based Learningdidukung media audio visual. (3) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh Problem Based Learning didukung media audio visual  terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.

 

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis statistik inferensial. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal pre test dan soal post test. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang sesudah menggunakan model Problem Based Learning tanpa didukung media audio visual siswa kelas 1 dengan taraf nilai Sig.0.071 ≥ 0.05 sehingga hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis kerja (Ha) ditolak pada taraf signifikan 5%. (2) Kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang sesudah menggunakan model Problem Based Learning didukung media audio visual siswa kelas 1 dengan taraf nilai Sig. 0.000 ≤ 0.05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima pada taraf Signifikan 5%. (3) Ada pengaruh model Problem Based Learning didukung media audio visual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang siswa kelas 1 dengan taraf nilai Sig. 0.010 ≤ 0.05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima pada taraf signifikan 5%.

 

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Media audio visual


Keyword

MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MEDIA AUDIO VISUAL

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya,Wina.(2016).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: PRENADA  MEDIA GROUP

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: AlFABETA.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade