Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menunjukkan Contoh-contoh Perilaku Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ngantru Tahun 2017/2018


Author (Penulis)

AISIA ARUMBA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0354

Abstract

ABSTRAK

 

Aisia Arumba : Pengaruh Model Student Teams Achievemen Divisions (STAD) Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menunjukkan Contoh-contoh Perilaku Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ngantru, Skripsi, PGSD, UN PGRI Kediri, 2019.

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil proses belajar mengajar dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SDN 2 Ngantru. Pembelajaran PKn hasilnya kurang memuaskan karena guru hanya menggunakan model konvensional (ceramah). Hal ini yang membuat siswa menjadi monoton, siswa menjadi pasif dan bosan, sehingga mengakibatkan nilai siswa menjadi rendah.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran STAD didukung media visual terhadap kemampuan menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri 2 Ngantru tahun pelajaran 2018/2019? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran STAD tanpa media visual terhadap kemampuan menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri 2 Ngantru tahun pelajaran 2018/2019? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model STAD didukung media visual dengan model pembelajaran STAD tanpa media visual terhadap kemampuan menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri 2 Ngantru tahun pelajaran 2018/2019?

Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ngantru sebanyak 40 siswa. Penelitian ini  menggunakan teknik Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Desain. Instrumen penelitian berupa tes. Teknik analisis data menggunkan statistic uji-t dengan bantuan SPPS 24.0 for windows.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada perbedaan pengaruh model pembalajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) didukung media visual dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) tanpa media visual terhadap kemampuan menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri 2 Ngantru tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil pengujian uji-t diperoleh thitung > ttabel (3,255 > 2,093).

 

KATA KUNCI  : model pembelajaran Student Teams Achivement Divisions (STAD), media visual, kemampuan menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Djahiri A, K. 1995. Dasar-dasar Umum Metodologi dan Pengajaran Nilai Moral. Bandung: Lab. Pengajaran PMP IKIP Bandung.

Huda, M. 2013. Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2011), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, U. S. 2009. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta:  Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI