Pengembangan Media Mangkus untuk Materi Daur Air dan Kegiatan Manusia yang Dapat Mempengaruhinya Siswa Kelas V SDN 4 Batangsaren


Author (Penulis)

NIA KURNIA LAILATURROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0350

Abstract

ABSTRAK

 

Nia Kurnia Lailaturrohmah: Pengembangan Media Pembelajaran Mangkus untuk Materi Daur Air dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Siswa Kelas V SDN 4 Batangsaren.

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas V SDN 4 Batangsaren. Pada pembelajaran IPA masih didominasi oleh aktivitas guru. Akibatnya siswa kurang memahami konsep materi dan belum mampu mengingat materi yang berupa tahapan atau urutan secara lengkap Berdasarkan pengamatan tersebut dikembangkan media Mangkus dengan rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana validitas media pembelajaran Mangkus materi daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya siswa kelas V SDN 4 Batangsaren (2) Bagaimana hasil belajar materi daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya dengan media Mangkus siswa kelas V SDN 4 Batangsaren (3) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran Mangkus untuk materi daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya siswa kelas V SDN 4 Batangsaren. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengingat materi tahapan daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya dalam rentan waktu yang lebih lama.

            Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini adalah model prosedural yang menunjukkan tahapan-tahapan dalam pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) membuat desain media pembelajaran media, (3) mengembangkan media, (4) mengimplementasikan media pembelajaran, dan (5) evaluasi akhir media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas V SDN 4 Batangsaren.

            Hasil dari penelitian pengembangan media Mangkus adalah sebagai berikut. (1) Media Mangkus dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentase sebesar 94% untuk validitas media dan validitas materi sebesar 100% sesuai dengan kategori validitas yang telah ditentukan. (2) Keefektifan Media Mangkus dapat dilihat dari angket dan hasil post test. Melalui uji coba yang dilakukan, maka diperoleh presentase pre test 62% dan post test sebesar 86% dan presentase angket guru sebesar 96% dan siswa sebesar 98%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan jika dilihat dari perbedaan hasil tes. Berdasarkan presentase tersebut, media Mangkus dinyatakan valid, efektif, dan layak digunakan.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Mangkus, Materi Daur Air dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya

           

 


Keyword

Media, Mangkus, Daur Air

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anderson., J.L & Bannet, M. 2013. Learning Physic With Digital Game Simulations in Middle School Science. New York: Longman.

Anshorullah, Romi. 2008. Efektivitas Metode Mnemonik Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di MTs Persiapan Negeri Kota Batu. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bobbi Deporter & Mike Hernacki. 2013. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Jakarta: Aksara.

BPS. 2012. Daftar Kabupaten dan Kota di Jawa Timur Menurut Indeks Pembangunan Manusia. Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Buan, Tony. 2002. Use Your Perfect Optimalisasi Daya Ingat. Yogyakarta: Ikon Teralitera.

BSNP. 2011. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta. Kemdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eni Anjayani & Tri Haryanto. 2014. Pendidikan Dasar IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Jeansen, Eric. 2002. Otak Sejuta Gigabyte. Bandung: Kaifa.

Joyce, Bruce, dkk. 2011. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemdiknas. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional.

Lapp, Diane. 2002. Teaching Learning Philosophical, Psychological, Curicullar, Applications. New York: Macmillan Publishing.CO.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munir. 2013. Multimedia, Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustikasari, R.F. 2000. Memahami Memori. Semarang: Elita.

Nur, Muhammad. 2005. Strategi Strategi Belajar. Surabaya: UNESA.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadieman, Arief, dkk. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, Bintari Kartika. 2016. Desain Pembelajaran Model Addie  Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  Pascasarjana - Universitas Negeri Surabaya.

Soedibyo. 2003. Hidrologi Jilid 2. Bandung: Nova.

Soewarno. 2015. Klimatologi. Surabaya: Graha Ilmu.

Solso, R.L, dkk. 2007. Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfa Beta.

_ _ _ _ _. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Edisi Kedua. Bandung: CV Alfa Beta.

Sugono, Dendy. 2008. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.     

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syaiful B. Djamarah & Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemdiknas. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional.

Triatmodjo, Bambang. 2008. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset.

Turkington, Douglas. 2005. Cognitive Therapy of Schizophrenia. New York: The Guilford Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2017. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

- - - - - . 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh: Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Remaja Rosda karya.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan  Nasional Direktorat.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zunaidah, Farida Nurlaila, dan Mohamad Amin. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368, diunduh 6 Desember 2017.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade