PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DIDUKUNG MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGPRING I KECAMATAN KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN


Author (Penulis)

APRELITA FAHJRIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0349

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, di SDN Kedungpring I khususnya di kelas IV pada mata pelajaran Matematika mendapat nilai rendah, 60% mendapatkan nilai di bwah KKM dan 40% nilai di atas KKM. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengungkap pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament didukung media puzzle terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kedungpring I. (2) Mengungkap pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament tanpa didukung media puzzle terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kedungpring I. (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament didukung media puzzle dibanding Model Pembelajaran Teams Games Tournament tanpa didukung media puzzle terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kedungpring I.

Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan Pre-test Post-test Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kedungpring I, analisis yang digunakan adalah t-test.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Teams Games Tournament didukung media puzzle berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kedungpring I dengan ketuntasan klasikal 90,565%, hal ini terbukti dari nilai th = 14,696> tt 1% = 2,778. (2) Model pembelajaran Teams Games Tournament tanpa didukung media puzzle berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas jajargenjng dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kedungpring I dengan ketuntasan klasikal 69,4%, hal ini terbukti dari nilai th = 6,804> tt 1% = 2,796. (3) Ada perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament didukung media puzzle dibanding model pembelajaran Teams Games Tournament tanpa didukung media puzzle terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kedungpring I, dengan keunggulan pada model pembelajaran Teams Games Tournament didukung media puzzle, hal ini terbukti dari nilai th = 3,692> tt 1% = 2,677 dan berdasarkan perbandingan nilai rerata post-tes kelompok eksperimen 81,18 > dibanding nilai post-test kelompok kontrol 72,8.

 

Kata Kunci  : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Puzzle, Kemampuan Menghitung keliling dan Luas Jajargenjang dan Seitiga.

 


Keyword

a

Reference

Ismail. 2009. Media Pengajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Sanjaya, Wina. 2008. Belajar Mengajar. Jakarta:Pustaka Pelajar.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

W, Anitah Sri dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : IKAPI.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : BSNP.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI