PENGEMBANGAN MEDIA RING PINTAR UNTUK MATERI MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KPK DAN FPB SISWA KELAS IV SDN PAYAMAN TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ANNIS DWI ARFARIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0348

Abstract

ABSTRAK

 

Annis Dwi Arfariyanti: Pengembangan Media Ring Pintar Untuk Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan KPK Dan FPB Siswa Kelas IV SDN Payaman Tahun Ajaran 2018/2019.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas yang dilakukan di kelas IV SDN Payaman. Dari hasil pengamatan dan wawancara diketahui bahwa pemahaman siswa pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB masih dirasa kurang. Hal tersebut disebabkan oleh guru tidak menggunakan  media pembelajaran selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dari hasil pengamatan tersebut dikembangkan media Ring Pintar dengan rumusan masalah sebagai berikut.(1) Bagaimana validitas media ring pintar materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB siswa kelas IV SDN Payaman (2) Bagaimana keefektifan media ring pintar untuk materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB siswa kelas IV SDN Payaman.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ini adalah model prosedural yang menunjukkan langkah-langkah atau tahapan-tahapan dalam pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Kegiatan pada tahap analisis adalah melakukan analisis kinerja, kebutuhan dan kajian pustaka. Tahap design dilakukan untuk memprogramkan pembelajaran yang akan dilakukan pada uji coba. Tahap pengembangan media dilakukan mulai dari menyusun design awal hingga designakhir. Sebelum diujicobakan, media hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media.Selain memvalidasi media juga memvalidasi perangkat pembelajaran, angket respon guru dan soal test.

Hasilpenelitianpengembangan media ring pintar adalahsebagaiberikut. (1) Media ring pintar memperolehhasil 100%darisegivaliditas mediadanmemperolehhasil 91% darisegi perangkat pembelajaran yang berarti media ring pintar termasukdalamkategori “sangatBaik”. (2)Media ring pintar dinyatakansangatefektifsetelahdilakukanujicobaterbatas dan setelah dilakukan uji coba luas dengan hasill 94%. Selainitunilaipost test siswadenganmenggunakan media ring pintar mendapatkannilai rata-rata 87,7. Lebih baik jikadibandingkannilaipre test sebelum menggunakan media ring pintar yang memperolehnilai rata-rata 76,3.

 

KATA KUNCI  : Media, Ring Pintar, Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan KPK Dan FPB.


Keyword

MEDIA, RING PINTAR, MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KPK DAN FPB

Reference

Akbar, Sa’adun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Posdakaya.

 

Djamarah, Syaiful Bahari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Dian Rakyat.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade