ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA DEPAN, AWALAN, DAN EJAAN DALAM KARANGAN TENTANG BERBAGAI TOPIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KAUMAN, KECAMATAN KAUMAN, KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

CINTYA PURBO PUTRI SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0347

Abstract

ABSTRAK

Cintya Purbo Putri Sari. Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Depan, Awalan,  dan Ejaan dalam Karangan tentang Berbagai Topik Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kauman, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung.                                                                                                                                                                             

         Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa masih banyak terjadi kesalahan penulisan kata depan, awalan, dan penggunaan ejaan. Hal tersebut nampak dari hasil karangan tentang berbagai topik siswa kelas IV.

          Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan penulisan kata depan dalam karangan berbagai topik siswa kelas IV, (2) Mendeskripsikan penulisan awalan dalam karangan berbagai topik siswa kelas IV, (3) Mendeskripsikan penggunaan ejaan, yaitu huruf kapital dalam karangan tentang berbagai topik siswa kelas IV, dan (4) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan penggunaan kata depan, awalan, dan ejaan dalam karangan tentang berbagai topik siswa kelas IV.

          Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Kauman, sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan pada satu hari, siswa membuat karangan kemudian peneliti mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan, awalan, dan ejaan pada hasil karangan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa pada siswa. Tahap-tahap penelitian ini adalah (1) Tahap persiapan, meliputi pengamatan tentang sekolah, melakukan observasi pembelajaran bahasa Indonesia, dan mengambil data berupa karangan siswa kelas IV, (2) Tahap pelaksanaan, meliputi mengidentifikasi bentuk kesalahan, mengklasifikasi, bentuk kesalahan, dan analisis data, (3) Tahap penyelesaian, yaitu mengevaluasi kesalahan dan menyimpulkan data hasil penelitian.

          Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kesalahan penulisan kata depan pada karangan tentang berbagai topik siswa kelas IV SD Negeri 1 Kauman ditemukan sebanyak 55 kesalahan, (2) Kesalahan penulisan awalan pada karangan tentang berbagai topik siswa kelas IV SD Negeri 1 Kauman ditemukan sebanyak 1 kesalahan, (3) Kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan tentang berbagai topik siswa kelas IV SD Negeri 1 Kauman ditemukan sebanyak 91 kesalahan, dan (4) Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan pada penggunaan kata depan, awalan, dan ejaan adalah terpengaruh bahasa yang lebih dahulu dikuasai, sikap kurang teliti, dan kurang peduli dengan kaidah-kaidah bahasa dalam penulisan.

          Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan bahwa guru perlu memberikan latihan menulis sesuai dengan kaidah dan ejaan setelah memberi materi, selain itu guru juga lebih teliti lagi dalam membaca hasil karangan siswa, sehingga apabila masih ditemukan kesalahan pada karangan siswa maka guru dapat segera menjelaskan dan siswa membenahi tulisannya.

 

Kata Kunci: kata depan, awalan, ejaan, karangan berbagai topik


Keyword

a

Reference

Arifin dan Tasai. 2004. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademia Press Indo.

Jalal, M. 2012. Problematika Kesalahan Bahasa pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Universitas Airlangga. Mozaik: Jurnal Humaniora, Volume 12 Nomor 2, Juli-Desember 2012, 92-209.

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Nurjamal,D., Sumirat, W., & Darwis, R. 2014. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI