PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD NEGERI PURWOKERTO 01 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

NOFI DWI ERLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0341

Abstract

Abstrak

Pengaruh Model Make A Match Didukung Media Kartu Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Pecahan Sederhan Siswa Kelas III SD Negeri Purwokerto 01 Blitar, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2019.

 

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penetilian, bahwa pembelajaran matematika di SD tidak menampilkan media apapun saat pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan jenuh siswa hanya menyimak penjelasan dari guru. Guru hanya memberikan tugas kepada siswa mengenai materi yang sudah disampaikan guru, akibatnya guru ketika guru meminta iswa untuk membentuk sebuah kelompok siswa susah dikendalikan karena kebanyakan siswa mencari teman kelompok sendiri yang dianggapnbisa di dalam kelas. Oleh karena itu, untuk menciptakan suasana yang aktif di dalam kelas dan siswa mudah memahami materi sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran atau memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Dengan menggunakan media atau model yang tepat dapat  menstimulus siswa untuk aktif dalam menngikuti pembelajaran. Salah satunya menggunakan model make a matchini dengan bantuan media akan lebih menarik perhatian siswa untk aktif dalam bekerja sama dan berdiskusi.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model make a match didukung media kartu bilangan terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhan ? (2) Adakah model make a matchterhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana ? (3) Adakah perbedaan pengaruh model make a match didukung media kartu bilangan dan model make a match terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Purwokerto 01sejumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group desain. Intrumen penelitian berupa soal objektif, Teknik analisis data statistik berupa t-test dengan bantuan SPSS 21 For Windows.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model make a match didukung media kartu bilangan terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana. (2) ada pengaruh pengaruh model make a match terhadap kemapuan mengenal pecahan sederana. (3) ada perbedaan pengaruh model make a match didukung media kartu bilangan dan model make a match terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data melalui perhitungan uji t independendent sample t- test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 ( dengan taraf signifikan 5% atau 0.05 ) maka  Ha diterima dan Ho ditolak.

Kata Kunci : Make a match, media kartu bilangan, kemampuan mengenal pecahan sederhana.

 

 


Keyword

MODEL MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA KARTU BILANGAN.

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Hamzah.2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM, Bumi Perkasa, Jakarta

Shoimim. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudrajat. 2008. Pengartian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian, Kuantitatif-Kualitatif-R&D, Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2009. Proses BelajarMengajar di Sekolahan. Jakarta : PT Rineka Cipta.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade