PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA SISWA KELAS V SDN DAMARWULAN I KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

FEBRIAN ANUGERAH P
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0340

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran bahasa indonesia pada materi unsur cerita didominasi oleh aktivitas klasikal dengan donminasi pada peran guru serta metode yang cenderung monoton dan membosankan sehingga kondisi suasa kelas pasif. Hal tersebut nampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi sangat rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) pada siswa kelas V SDN Damarwulan I Kabupaten Kediri (2) untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual pada siswa kelas V SDN Damarwulan I Kabupaten Kediri (3) untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada kelas V SDN Damarwulan I Kabupaten Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual. Subjek penelitian pada siswa kelas V SDN Damarwulan I. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa silabus, RPP, lembar validasi materi, lembar validasi media, soal pretest dan posttest.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi unsur cerita dengan model Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) pada siswa kelas V semester 2 SDN Damarwulan I dinyatakan kurang menguasai, 84,4% siswa belum mencapai standar KKM (2) kemampuan mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual pada siswa kelas V SDN Damarwulan I dinyatakan menguasai 81,2% siswa telah mencapai standar KKM (3) ada pengaruh penggunaan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Damarwulan I.

 

KATA KUNCI : Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Shoimin. A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI