ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran bahasa indonesia pada materi unsur cerita didominasi oleh aktivitas klasikal dengan donminasi pada peran guru serta metode yang cenderung monoton dan membosankan sehingga kondisi suasa kelas pasif. Hal tersebut nampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi sangat rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) pada siswa kelas V SDN Damarwulan I Kabupaten Kediri (2) untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual pada siswa kelas V SDN Damarwulan I Kabupaten Kediri (3) untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada kelas V SDN Damarwulan I Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual. Subjek penelitian pada siswa kelas V SDN Damarwulan I. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa silabus, RPP, lembar validasi materi, lembar validasi media, soal pretest dan posttest.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi unsur cerita dengan model Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) pada siswa kelas V semester 2 SDN Damarwulan I dinyatakan kurang menguasai, 84,4% siswa belum mencapai standar KKM (2) kemampuan mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual pada siswa kelas V SDN Damarwulan I dinyatakan menguasai 81,2% siswa telah mencapai standar KKM (3) ada pengaruh penggunaan model Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Damarwulan I.
KATA KUNCI : Numbered Head Together (NHT) didukung media Audio Visual
DAFTAR PUSTAKA
Shoimin. A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.