ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keberhasilan pencapaian KKM dalam kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) didukung media benda nyata pada siswa kelas III SDN Pisang 2 Kabupaten Nganjuk (2) untuk mengetahui keberhasilan pencapaian KKM dalam kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) didukung media benda nyata pada siswa kelas III SDN Pisang 2 Kabupaten Nganjuk (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) didukung media benda nyata terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Pisang 2 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas III SDN Pisang 2 dan teknik penelitian yang digunakan Quasi Pre-eksperimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal dan soal uraian sebanyak 5 butir soal pretest dan posttest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Pisang 2 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games Tourament (TGT) didukung media benda nyata berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal <75% (2) kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Pisang 2 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) didukung media benda nyata berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal ≥75% (3) penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) didukung media benda nyata berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Pisang 2 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk.
KATA KUNCI : Model Teams Games Tournament (TGT) didukung media benda nyata
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatifdan R&D). Bandung: Alfabeta, cv.