ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SDN Gayam 3 yang menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas V dalam materi mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang masih kurang memuaskan. Proses pembelajaran yang diajarkan yang hanya berpusat pada guru dimana siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang diajarkan oleh guru, sehingga pembelajaran berlangsung secara monoton dan siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Akibatnya hasil belajar siswa yang rendah dan mendapatkan nilai di bawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair and Sharedi dukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tehnik penelitian Quasi Ekperimental Design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gayam 3 Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan yaitu RPP dan tehnik pengumpulan data berupa tes dan angket.
Hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Think Pair and Share didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Gayam 3 Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri (2) Model Think Pair and Share tanpa didukung media audio visualtidak berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Gayam 3 Kota Kediri (3) Ada pengaruh penggunaan model Think Pair and Share didukung media audio visual dibanding tanpa didukung medi audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Beladnda dan Jepang siswa kelas V SDN Gayam 3 Kecamatan Mojoroto Kediri
Kata Kunci:Think Pair and Shar, media audio visual, mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa Penjajahan Belanda dan Jepang.
Sugiyono.2016.MetodePenelitianPendidikan(PendekatanKuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: AlFABETA
Supriatna,Nana,dkk.2007.Pendidikan IPS Di SD .Bandung: UPI Press
Abdul Majid.201. Strategi Pembelajara. Remaja Rosdakarya Bandung
Kurniasih, imas dan Sani,berlin 2017.Ragam Pengembanagan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru Yogyakarta ; Kata pena
Putri, Kharismaa Eka, SAHARI,Sutrisno.PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BRBASIS ANDROI PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU