Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Belajar Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Siswa Kelas IV SDN Betet 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

AHMAD ARIFUDIN KHOIRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0327

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi oleh peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD pada kenyataannya masih dianggap oleh sebagian besar siswa sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami dan membosankan, dikarenakan kegiatan belajar mengajar di kelas masih bersumber pada guru atau “teacher centered”. Hal tersebut nampak dari minat belajar siswa cenderung rendah, yang pada akhirnya hasil belajar hasil belajarpun juga cenderung rendah. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Apakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap minat belajar siswa? (2) Apakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa? (3) Apakah pengaruh pengunaan model pembelajaran langsung terhadap minat belajar? (4) Apakah pengaruh pengunaan model pembelajaran langsung terhadap minat belajar? (5) Apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dibanding model pembelajaran langsung terhadap minat belajar siswa?. (6) Apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dibanding model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa?.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent control grup design. Subyek penelitian di SDN Betet I  siswa kelas IVA sejumlah 25 siswa dan kelas IVB sejumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa RPP, lembar kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar siswa.Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut, nilai rata-rata posttest minat belajar sebesar 81,56 dan hasil belajar sebesar 81,44 kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata posttest minat belajar sebesar 73.12 dan hasil belajar sebesar 73.44. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata minat dan hasil belajar IPS kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat di ambil kesimpulan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siwa IPS siswa kelas IV di SD Negeri Betet 1 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018

 

Kata kunci  : model pembelajaran mind mapping

 


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Prktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bachri dan Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Penddikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori  Belajar & Pembelajaran di Sekolah  Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI