Pengembangan Media Audio Visual untuk Materi Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas Kelas V SDN Sumberkepuh 6 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

MUHAMMAD ZAKARIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0324

Abstract

ABSTRAK
Penelitian pengembangan dilatarbelakangi oleh hasil observasi menggunakan angket kebutuhan guru dan siswa SDN Sumberkepuh 6 Kabupaten Nganjuk. Masalah yang timbul adalah tidak adanya media yang digunakan untuk menarik minat belajar siswa dan dalam menyampaikan materi guru masih menggunakan metode ceramah yang terkesan menjenuhkan, sehingga menyebabkan siswa kurang antusias dan kurang aktif.
Hasil observasi tersebut dikembangkan media audio visual dengan rumusan masalah (1) Bagaimana kevalidan media audio visual pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN Sumberkepuh 6 Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019?. (2) Bagaimana keperaktisan media audio visual pada materi mengidentifikasi sifay-sifat bangun datar sisw kelas V SDN Sumberkepuh 6 Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019?. (3) Bagaimana keefektifan media audio visual pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN Sumberkepuh 6 Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019?.
Model pengembangan dalam pnelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Pada tahap analisis kegiatan yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan. Pada tahap desain kegiatan yang dilakukan adalah merancang media yang akan dikembangkan. Pada tahap development atau pengembangan yang dilakukan dengan membeli, membuat dan memodifikasi media audio visual yang akan dibuat. Pada tahap implementation media audio visual sebagai media vidio sudah dikatakan layak oleh ahli media dan materi dalam media untuk digunakan dalam pembelajaran. pada tahap evalusi dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk media audio visual yang telah dikembangkan dengan membawa media audio visual yang dikembangkan ke validator.
Hasil pengembangan media audio visual sebagai berikut (1) media audio visual memperoleh hasil 92,7% dari validasi media dan materi dalam media dan memperoleh hasil 86,6% dari validasi perangkat pembelajaran. (2) media audio visual yang dikembangkan untuk materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dinyatakan praktikan dibuktikan dari hasil angket respon guru memperoleh 94,5%. (3) media audio visual dinyatakan efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil 90% sehinnga media audio visual dinyatakan “sangat efektif”, sedangkan pada hasil uji coba luas mmproleh data 94% maka media audio visual dinyatakan “sangat efektif”.
Kata Kunci : Media Audio Visual, Sifat-sifat Bangun Datar, Matematika


Keyword

Pengembangan Media Audio Visual

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Ahdhiant, E. & Prismasatya, N. (2017) Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2(1):226. Online. Tersedia di http://ejournal.unhasy.ac.id Diunduh 23 November 2018.
Arsyad, Azhar. 2007. Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Pribadi, Benny A, 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade