Pengembangan Media Video Untuk Materi Mendeskripsikan Perjuangan Para Tokoh Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang Siswa Kelas V SDN Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

SANDRA DWI PUTRI LEKSANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0323

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang muncul saat pembelajaran IPS pada materi mendeskripsikan perjuangan para tokoh pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Masalah tersebut adalah guru masih menggunakan metode ceramah pada saat memberikan pembelajaran, masalah yang kedua adalah tidak adanya penggunaan media pembelajaran guna menunjang pemahaman siswa terhadap materi, dan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi dari dua ahli dengan rata-rata kevalidan total menghasilkan skor kevalidan sebesar 85% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil data respon siswa dan guru pada saat uji terbatas memperoleh skor rata-rata 86,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil angket siswa dan guru pada uji perluasan mendapatkan skor rata-rata 87% dengan kategori “Sangat Baik”.  Dari hasil rata-rata nilai pre-tes diperoleh persentase ketuntasan siswa sebesar 54,8%, sedangkan  persentase ketuntasan siswa setelah dilakukan post-tes adalah 81,9% (ada peningkatan 27,05%). Dari hal tersebut dapat dinyatakan bahwa media video pembelajaran “Sangat Efektif” dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Media video pembelajaran, ADDIE, kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.


Keyword

a

Reference

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Good, V, Carter. 2007.Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Pribadi , A, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Solihatin, Etin. 2008.  Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran Ips. Jakarta: Bumi Aksara

Sapriya, dkk. 2007. Pengembangan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS

Sugiyono. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI