PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIRS SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGGALI PENGETAHUAN BARU YANG TERDAPAT PADA TEKS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SISWA KELAS IV SDN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AJENG DWI KINANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0317

Abstract

ABSTRAK

 

      Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang ada di kelas IV SDN 2 Ngantru saat proses pembelajaran siswa masih banyak yang ramai dan kurang memperhatikan. Ketika siswa diminta untuk berdiskusi dan membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa, hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan sedangkan yang lainnya ramai sendiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menggali  pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku tanpa menggunakan strategi pembelajaran TPS siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran TPS terhadap kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Ngantru dengan menggunakan instrumen berupa tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 mampu menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS. (2) Siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 kurang mampu menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku tanpa menggunakan strategi pembelajaran TPS. (3) Ada pengaruh pengunaan strategi pembelajaran TPS terhadap kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negriku siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Strategi pembelajaran TPS (Think Pairs Share), Kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.

 


Keyword

a

Reference

Kurniasih dan Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pem-belajaran, Jakarta: Kata Pena.

 

Mulyasa. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosda Karya.

 

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI