ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang ada di kelas IV SDN 2 Ngantru saat proses pembelajaran siswa masih banyak yang ramai dan kurang memperhatikan. Ketika siswa diminta untuk berdiskusi dan membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa, hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan sedangkan yang lainnya ramai sendiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku tanpa menggunakan strategi pembelajaran TPS siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran TPS terhadap kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Ngantru dengan menggunakan instrumen berupa tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 mampu menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS. (2) Siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 kurang mampu menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negeriku tanpa menggunakan strategi pembelajaran TPS. (3) Ada pengaruh pengunaan strategi pembelajaran TPS terhadap kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks tema 7 indahnya keragaman di negriku siswa kelas IV SDN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran TPS (Think Pairs Share), Kemampuan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
Kurniasih dan Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pem-belajaran, Jakarta: Kata Pena.
Mulyasa. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.