ABSTRAK
Pengaruh Model Problem Based Intruction dan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun 2018/2019, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang dilakukan peneliti bahwa masih banyak siswa yang belum bisa memahami materi berat benda dengan bukti kurangnya maksimal pembelajaran. Hal tersebut disebabkan guru menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik seperti ceramah, sehingga siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan guru, serta tidak digunakannya media pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Adakah pengaruh model Problem Based Intruction terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun ajar 2018/2019?, (2) Adakah pengaruh media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun ajar 2018/2019?, dan (3) Adakah pengaruh model Problem Based Intruction dan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat bendapada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun ajar 2018/2019?.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian desain Posttest Only Control Design.Menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tesdan teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent sample t-test.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan model Problem Based Intruction terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun pelajaran 2018/2019, (2) Penggunaan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun pelajaran 2018/2019, (3) Penggunaan model Problem Based Intruction dan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: Model Problem Based Intruction, media nyata, kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
Daftar Pustaka
Aqib, z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual
Arikunto. 2002. Prosedur Peneltian: Suatu Pendidikan Praktek. Jakarta: Rineka cipta
Arikunto. 2001. Prosedur Peneltian:Suatu Pendeketan Praktek. Jakarta: Bina Aksara
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafind Persada
Arends, R. 2001. Learning to Theach. New York: Mc Grawaaa Hill Companies, inc
Briggs, LeslieJ. 1977. Media Pembelajaran, http:/belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/(diakses pada tanggal 20 november 2017)
Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of theacing. Englewood Chifs, New Jersey: Prentice Hall,inc
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenaga Kerjaan. Jakarta: Bumi Aksra
Hasibuan.2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: cetakan 9. Inofatif. Badung: penerbit CV Yrama Widya.
Ibrahim. 2005. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press
Malayu, S.P. Hasibuan. 2007. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Cetakan 9. PT. Bumi Aksara
Robbins, S.P dan Judge T.A. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Selemba Empat.
Sagala,S.2003. Metode Belajar Mengajar. Bandung :Alfabeta
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Puantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyitno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. (Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka)
Supriyono. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Remaja. Rosdakarya.
Tobing, Rangkel L. 1990, Model-model Mengajar Metodik Khusus Pendidikan Sekolah Dasar.