PENGARUH MODEL BASED INTRUCTION DAN MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN BERAT BENDA PADA SISWA KELAS 2 SDN LIRBOYO 2 KEDIRI 2017/2018


Author (Penulis)

NUR LAELI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0316

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Model Problem Based Intruction dan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan  masalah yang berkaitan dengan  berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun 2018/2019, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2019.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang dilakukan peneliti bahwa masih banyak siswa yang belum bisa memahami materi berat benda dengan bukti kurangnya maksimal pembelajaran. Hal tersebut disebabkan guru menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik seperti ceramah, sehingga siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan guru, serta tidak digunakannya media pembelajaran.

Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Adakah pengaruh model Problem Based Intruction terhadap kemampuan menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan berat benda pada siswa  kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun ajar 2018/2019?, (2) Adakah pengaruh media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa  kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun ajar 2018/2019?, dan (3) Adakah pengaruh model Problem Based Intruction dan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat bendapada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun ajar 2018/2019?.

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian desain Posttest Only Control Design.Menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tesdan teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent sample t-test.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan model Problem Based Intruction terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa  kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun pelajaran 2018/2019, (2) Penggunaan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa  kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun pelajaran 2018/2019, (3)  Penggunaan  model Problem Based Intruction dan media nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda pada siswa kelas 2 SDN Lirboyo 2 Kediri tahun pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: Model Problem Based Intruction, media nyata, kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.


Keyword

PROBLEM BASED INTRUCTION, MEDIA NYATA, BERAT BENDA

Reference

Daftar Pustaka

 

Aqib, z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual

Arikunto. 2002. Prosedur Peneltian: Suatu Pendidikan Praktek. Jakarta: Rineka cipta

Arikunto. 2001. Prosedur Peneltian:Suatu Pendeketan Praktek. Jakarta: Bina Aksara

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafind Persada

Arends, R. 2001. Learning  to Theach. New York: Mc Grawaaa Hill Companies, inc

Briggs, LeslieJ. 1977. Media Pembelajaran, http:/belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/(diakses pada tanggal 20 november 2017)

Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of theacing. Englewood Chifs, New Jersey: Prentice Hall,inc

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenaga Kerjaan. Jakarta: Bumi Aksra

Hasibuan.2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: cetakan 9. Inofatif. Badung: penerbit CV Yrama Widya.

Ibrahim. 2005. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press

Malayu, S.P. Hasibuan. 2007. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Cetakan 9. PT. Bumi Aksara

Robbins, S.P dan Judge T.A. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Selemba Empat.

Sagala,S.2003. Metode Belajar Mengajar. Bandung :Alfabeta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Puantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyitno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. (Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka)

Supriyono. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Remaja. Rosdakarya.

Tobing, Rangkel L. 1990, Model-model Mengajar Metodik Khusus Pendidikan Sekolah Dasar.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade