PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

THAARIQ NUR AGENG RAHMAT
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0312

Abstract

ABSTRAK

THAARIQ NUR AGENG RAHMAT: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan Mendeskripsikan Berbagai  Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2019.
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan, bahwa guru ketika kegiatan pembelajaran terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih menggunakan model konvensional. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga siswa kurang tertarik dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal.
     Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik  pada siswa kelas IV SDN Sukorame0 kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (2) Apakah Model  Konvensional  terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Sukorame kecamatan0 Mojoroto Kota Kediri?  (3) Apakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model Problem Based Learning0 dibanding model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan  lingkungan fisik  pada siswa kelas IV SDN Sukorame0 kecamatan Mojoroto Kota Kediri? 
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorame0 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.Teknik pengumpulan data berupa tes, berupa tes tulis.Analisis data menggunakan rumus uji-t.
          Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan Model Problem Based Learning berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik  pada siswa kelas IV SDN Sukorame0 kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 83,35% hal ini terbukti dengan th=10,386>tt5%=2,051(2) Penggunaan Model 0Konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan  mendeskripsikan  berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Sukorame0 kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 59,33% hal ini terbukti dengan taraf signifikan 5% thitung = 6,448 > ttabel 5% = 2,021 (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara Problem Based Learning dibanding Model Konvensional terhadap kemampuan   mendeskripsikan  berbagai penyebab perubahan  lingkungan fisik  pada siswa kelas IV SDN Sukorame kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan keunggulan pada penggunakan Model Problem Based Learning, hal ini terbukti dengan thitung=3,214> ttabel5%=2,000 dan hasil perbandingan rerata Kelompok Eksperimen 81,47> rerata Kelompok Kontrol 71,82.

KATA KUNCI: Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan Mendeskripsikan Berbagai  Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik.


Keyword

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik

Reference

Nurhadi, dkk (2009).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Jurnal: Universitas Negeri Surabaya. 
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), Tersedia: http://sindikker.dikti.go.id(diunduh07 Agustus 2017).
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Diunduh 07 Agustus 2017. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyanto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka. 
Winarti, Sri. 2014. Pengertian Belajar.Semarang : Tiara Wacana.
Kamdi. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar . E-Jurnal Model PBL  Vol 3 Hal 35-41 Tahun 2007. (diunduh 17 September 2018). 


PUBLISHED

2020-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade