PENGARUH MODEL JIGSAW DIDUKUNG MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA PADA SISWA KELAS V SDN NGLAWAK 2 PRAMBON NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

SITI HAJAR AYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0311

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian pembelajaran bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita di kelas V SDN Nglawak 2 yang masih mendominasi peran guru. Guru kurang kreatif dalam memilih model dan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa pasif terhadap kegiatan pembelajaran dan memiliki kemampuan yang rendah pada materi mengidentifikasi unsur cerita. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model dan media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif yaitu model jigsaw didukung media audio. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana keampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Nglawak 2 Prambon Nganjuk dengan model jigsaw didukung media audio? 2) Bagaiama kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Nglawak 2 Prambon Nganjuk dengan model jigsaw tanpa didukung media audio? 3) Adakah pengaruh yang signifikan model jigsaw didukung media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Nglawak 2 Prambon Nganjuk?

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian True Eksperimental Designs dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Nglawak 2 Prambon Nganjuk terbagi menjadi 2 kelas, kelas pertama dengan jumlah 15 siswa, dan kelas kedua dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan t-tes paired sample.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Siswa kelas V SDN Nglawak 2 mampu mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model jigsaw didukung media audio dibuktikan dengan nilai rata-rata 86,1 sehingga dapat dikatakan lebih dari KKM yaitu 75, 2) Siswa kelas V SDN Nglawak 2 mampu mengidentifikasi unsur cerita menggunakan model jigsaw tanpa didukung media audio dibuktikan dengan nilai rata-rata 75,4 sehingga dapat dikatakan lebih dari KKM yaitu 75 meskipun belum memuaskan, 3) Ada pengaruh model jigsaw didukung media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Nglawak 2 Prambon Nganjuk dari hasil analisis data thitung >ttabel yaitu 7,506 > 2,145, sehingga diperoleh Sig.(2 tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : Jigsaw, Media Audio, Mengidentifikasi Unsur Cerita


Keyword

MODEL JIGSAW MEDIA AUDIO UNSUR CERITA

Reference

Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Pengembangan Media Pembelajaran.Jakarta: Referensi.

Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yogyakarta. Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

 


PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade