PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI 3 SAMAR KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ADILLA NUR LISTYANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0308

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa guru tidak pernah menggunakan media dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik, guru hanya mengacu pada buku guru dan buku siswa saja. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran tematik mengharuskan guru untuk menggunakan media yang relevan dan konkret.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media animasi pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi? (2) Bagaiamana tingkat kevalidan media animasi pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi? (3) Bagaimana respon guru dan siswa setelah pembelajaran dengan media animasi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi?

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Dalam ADDIE terdapat 5 tahap yaitu 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). Instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi media, angket respon guru dan angket respon siswa.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian serta pembahasannya pada masing-masing tahapan yaitu Analysis dari hasil penelitian dan wawancara diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran belum menggunakan media. Design dengan membuat rancangan media animasi yaitu menentukan judul yaitu media Animasi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi, tema yaitu Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi, background yaitu setiap slide dengan warna putih divariasi dengan warna yang sesuai dengan materi, dubbing dengan suara manusia, dengan font yang menarik, membuat draf dan gambar sesuai dengan materi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi. Development dari hasil wawancara dapat digunakan untuk membuat desain awal media Animasi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi kemudian divalidasi ke validator dan digunakan untuk uji coba terbatas dan uji coba luas, Implementation pada tahap ini merupakan langkah realisasi desain dan pengembangan media Animasi Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi yang dilakukan pada uji coba terbatas dan luas, dan Evaluation pada tahap ini dilakukan revisi produk media yang dikembangkan berdasarkan validasi, uji coba terbatas dan uji coba luas. (2) Kevalidan media animasi sudah memenuhi kriteria kevalidan dari validator media. Hasil uji kevalidan dari ahli media menunjukkan media animasi sudah valid dengan memperoleh hasil validasi 4,58 dengan interpretasi/keterangan sangat valid dan boleh digunakan dengan sangat baik. (3) Hasil respon guru dan siswa terhadap media animasi terbukti pada uji kevalidan angket respon guru dan siswa SD Negeri 3 Samar diperoleh rata-rata dari pembelajaran 1,2, dan 5 yaitu 80% menyatakan sangat baik, dan 20% menyatakan baik, makan media animasi dinyatakan sangat baik sebagai media pembelajaran. Hasil respon siswa dari 10 pernyataan diperoleh rata-rata presentase 50% menyatakan sangat baik, 40% menyatakan baik, dan 10% menyatakan sedang, maka media animasi dinyatakan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran

 

Kata Kunci: Media Animasi, Selalu Berhemat Energi

 

 


Keyword

MEDIA ANIMASI, SELALU BERHEMAT ENERGI

Reference

Arsyad, Azhar. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

 

Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

 

Pribadi, Beny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

 

Solekah, B. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA Berbasis Inquiry Terbimbing Pada Materi Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Banjaran 2


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade