ABSTRAK
Hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Sumberkepuh 6 dan SDN Sumberkepuh 2 bahwa salah satu indikator rendahnya prestasi siswa sekolah dasar ini adalah kurangnya partisipasi aktif siswa dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan model word square didukung media torso manusia. (2) mengetahui kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan model word square didukung media gambar (3) mengetahui perbedaan kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan model word square didukung media torso manusia dibanding model word square didukung media.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental design jenis Nonequivalent Control Group Design. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t one sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa dalam tingkat ketuntasan klasikal menggunakan model word square didukung media torso manusia adalah 94,09 sehingga tingkat keberhasilannya ≥ 75%. (2) kemampuan siswa dalam tingkat ketuntasan klasikal menggunakan model word square didukung media gambar adalah 84,58 sehingga tingkat keberhasilannya ≥ 75%. (3) ada perbedaan kemampuan menggunakan model word square didukung media torso dibanding model word square didukung media gambar dengan keunggulan model word square didukung media torso manusia.
Kata Kunci: model word square, media torso manusia, media gambar, kemampuan fungsi organ pernapasan manusia.
DAFTAR PUSTAKA
Hasni, M.Y.H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lari Estafet Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1): 32-45.
Oktari, R. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Torso Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Biota, 1 (1): 42-51.
Primasatya, N. & Ahdianto, E. 2017. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari, 2 (2): 225-231.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana