PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III SDN LIRBOYO 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AMALLIA PRAJNA PARAMITHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0306

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil analisis permasalahan yang ada di Sekolah Dasar.  Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa penggunaan media belum optimal karena hanya berupa media papan tulis dan gambar 2 dimensi. Selain itu, siswa dalam proses pembelajaran hanya mengamati dan mendengarkan penjelasan dari guru secara monoton. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kevalidan media poster pada pembelajaran IPA materi ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III  SDN Lirboyo 2 tahun pelajaran 2017/2018. (2) Mengetahui efektifitas media poster pada pembelajaran IPA materi ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Lirboyo 2 tahun pelajaran 2017/2018. (3) Mengetahui daya tarik media poster pada pembelajaran IPA materi ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Lirboyo 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development  dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), subjek penelitian siswa kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri dan SDN Lirboyo 4 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli desain media dan validasi ahli materi IPA, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pretes dan postes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil uji validitas dari ahli media maupun ahli materi menunjukkan media poster sudah valid dengan analisis data kevalidan angket ahli media dan angket ahli materi (2) efektifitas media dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal setelah menggunakn media yang telah dikembangkan mencapai 92 % dan (3) berdasarkan angket respon guru dan siswa terhadap media yang telah dikembangkan mencapai presentase 93,75 % respon positif dari guru dan 100% respon positif dari siswa secara klasikal.

 

 

 

Kata kunci : Pengembangan, Media Poster.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Adha, Fandi Achmad Purbantoro, Trapsilo Prihandono, & Rif ‘ati Dina Handayani.2016. Penggunaan Bahan Ajar IPA Berbasis Android Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Siswa Kelas VII SMP. Semnas Pend. 1. 923-924, tersedia : http://www.um.ac.id, diunduh 04 Januari 2018.

Fatona, Siti dan Zuhdan.2014. Pembelajaran Sains. Yoyakarta: Ombak.

Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Di Sekolah.  Yogyakarta: Media Akademi.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Septyan, Bayu. 2017. Pengembangan Media Lintah (Lingkaran Pengetahuan). PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI