PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CARA TUMBUHAN HIJAU MEMBUAT MAKANAN SISWA KELAS V SDN MACANBANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

PRISTA DUARITMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0303

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini didasari hasil pengamatan serta pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih mendominasi peran guru yang memberikan pembelajaran dengan cara menggunakan metode ceramah di setiap pembelajaran dan tidak adanya media pembelajaran. Kondisi tersebut menjadikan suasana pembelajaran cenderung monoton dan membosankan serta berakibat pada rendahnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan yang diajarkan dengan metode eksperimen tanpa didukung media benda nyata pada siswa kelas V SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung (2) Untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan yang diajarkan dengan metode eksperimen didukung media benda nyata pada siswa kelas V SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan pada siswa kelas V SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design, subjek penelitian siswa kelas V SDN Macanbang yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari kelas V-A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode eksperimen didukung media benda nyata dan kelas V-B sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol hanya menggunakan metode eksperimen tanpa didukung media benda nyata. Kesimpulan hasil dalam penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan yang diajarkan menggunakan metode eksperimen tanpa didukung media benda nyata memperoleh nilai rata-rata mencapai ≥ KKM yaitu 77, nilai tersebut dapat dilihat dari data nilai posttest yang diperoleh siswa kelas V SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017-2018 (2) Kemampuan mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan yang diajarkan menggunakan metode eksperimen didukung media benda nyata memperoleh nilai mencapai di atas KKM yaitu 82, nilai tersebut dapat dilihat dari data nilai posttest yang diperoleh siswa kelas V SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017-2018 (3) Ada pengaruh metode eksperimen didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan pada siswa kelas V SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017-2018 dimana diperoleh hasil perhitungan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

 

KATA KUNCI  : metode eksperimen didukung media benda nyata


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Asyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

 

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

 

Djamarah. 1995. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

 

Hariyanto. 2007. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga.

 

Sudjana, Nana. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI