PENGARUH MODEL CIRC DIDUKUNG MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PAHLAWAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG SUBTEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN PADA TEMA PAHLAWANKU PADA SISWA KELAS IV SDN JATI 2 KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

FARIDA EKA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0300

Abstract

                                                                                                              ABSTRAK
             Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh seorang guru terutama pada pembelajaran tematik di sekolah dasar masih rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat.  
             Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan model CIRC didukung media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? (2) Apakah penggunaan model CIRC tanpa didukung media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten
Trenggalek? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model CIRC didukung media audiovisual dibanding model CIRC tanpa didukung media audiovisual terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek?
            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dan teknik penelitian yang digunakan Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design.Alat yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian yaitu tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.  
            Simpulan hasil penelitian ini yaitu (1) Penggunaan model CIRC didukung media audiovisual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pahlawan pada masa penjajahan Jepang dan Belanda pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dengan KK 86,87%. Hal ini terbukti dari th=8,956> tt 1% = 2,779. (2) Penggunaan model CIRC tanpa didukung media audiovisual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dengan KK 55%. Hal ini terbukti dari th = 5,612>tt 1% = 2,797. (3) Ada perbedaan
pengaruh yang sangat signifikan antara model CIRC didukung media audiovisual dibanding model CIRC tanpa didukung media audiovisual terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pahlawan pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dengan
keunggulan pada penggunaan model CIRC didukung media audiovisual. Hal ini terbukti dari nilai th = 3,785>tt 1% = 2,678 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 79,07> dibanding nilai posttest kelompok kontrol 67,80.

 
KATA KUNCI :  CIRC, media audiovisual, kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pahlawan


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2013. Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kurniasih, Imas. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.  

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2009 Tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (Online). Tersedia: http://hukumonline.com,  diunduh 14 Juli 2018.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI