ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran melakukan percakapan melalui telepon di SD masih didominasi oleh metode ceramah dan model pembelajaran langsung. Akibatnya siswa kurang memperhatikan guru dalam menyampaikan materi tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model role playing didukung media tiga dimensi (telepon realia) terhadap kemampuan melakukan percakapan melalui telepon pada siswa kelas III SDN Mrican II. (2) untuk mengetahui pengaruh model role playing didukung media tiga dimensi (telepon mainan) terhadap kemampuan melakukan percakapan melalui telepon pada siswa kelas III SDN Mrican I. (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh dalam penggunaan model role playing didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan melakukan percakapan melalui telepon pada siswa kelas III SDN Mrican I dan SDN Mrican II.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan t-test.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) pada kelas eksperimen (SDN Mrican II) nilai rata-rata hasil posttest menggunakan model role playing didukung media tiga dimensi (telepon realia) adalah 83,13 diatas KKM. (2) pada kelas kontrol (SDN Mrican I) nilai rata-rata hasil posttest menggunakan model role playing didukung media tiga dimensi (telepon mainan) adalah 73,78 dibawah KKM. (3) ada perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model role playing didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan melakukan percakapan melalui telepon siswa kelas III SDN Mrican I dan SDN Mrican II dibuktikan pada perbedaan hasil nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci : Media Tiga Dimensi (telepon realia dan telepon mainan), percakapan melalui telepon
Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Jogjakarta:Pustaka Pelajar
Sugiono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.Jakarta: Prenadamedia Group