Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia pada siswa kelas V di SDN Badal 1 Kabupaten Kediri rendah. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru. Guru mendominasi kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa menggunakan model pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar serta mempengaruhi pemahaman siswa.
Permasalahan pada penelitian ini: (1) Bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan pada manusia pada siswa kelas V SDN Badal 1 Kabupaten Kediri? (2) Bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan pada manusia pada siswa kelas V SDN Badal 1 Kabupaten Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay didukung media visual dengan penggunaan model pembelajaran course review horay tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi oragan pernapasan pada manusia pada siswa kelas V SDN Badal 1 Kabupaten Kediri?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menunjukkan bahwa penggunaan model Course Review Horay didukung media visual pada mata pelajaran IPA khususnya materi mengidentifikasi fungsi organ pernapasan pada manusia membantu siswa lebih memahami materi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Badal 1 Kabupaten Kediri. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes. Tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan posttest.
Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan pada manusia diketahu nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Dan didapatkan hasil t-hitung = 15,016 menunjukkan bahwa lebih besar dari t-tabel sebesar 1,717. (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan pada manusia diketahu nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Dan didapatkan hasil t-hitung = 10,598 menunjukkan bahwa lebih besar dari t-tabel sebesar 1,708. (3) Berdasarkan uji hipotesis dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak yang berarti Ha diterima. Dan nilai thitung 5,524> ttabel maka dapat diketahui H0 ditolak (gagal diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran course review horay didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan pada manusia siswa kelas V SDN Badal 1 Kabupaten Kediri.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Media Visual, Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernapasan.
Huda, Miftahul, 2013. Model-model Pengajar dan Pembela-jaran.Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR
Rusman, 2012. Model-model Pembela-jaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Soedijarto,1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu.Jakarta;Balai Pustaka
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kuali-tatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta