STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR DAN SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA BERDASARKAN PENGAMATAN SUBTEMA PERMAINAN TRADISIONAL DI DAERAHKU TEMA PERMAINAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SDN LIRBOYO 2 DAN SDN LIRBOYO 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MUHAMMAD WAHYU KUSUMA WARDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0292

Abstract

ABSTRAK

Muhammad Wahyu Kusuma Wardana : Studi Komparasi Kemampuan Menemukan Unsur Dan Sifat Bangun Datar Sederhana Berdasarkan Pengamatan Sub Tema Permainan Tradisional Di Daerahku Tema Permainan Tradisional Menggunakan Model Numbered Head Together dan Model Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN Lirboyo 2 Dan SDN Lirboyo 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian   ini   dilatarbelakangi   hasil   pengamatan   pembelajaran Matematika materi unsur dan sifat bangun datar sederhana di kelas III SD yang masih didominasi oleh peran guru. Guru kurang inovatif dalam memilih metode, model, dan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran dan kemampuan yang rendah pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yaitu model pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick. Cara mengetahui model pembalajaran yang lebih direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas III khususnya materi unsur dan sifat bangun datar sederhana, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan Kemampuan menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan sub tema permainan tradisional di daerahku tema permainan tradisional menggunakan model Numbered Head Together dan model Talking Stick pada siswa kelas III SDN Lirboyo 2 Dan SDN Lirboyo 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuanmenemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan menggunakan model Numbered Head Together pada siswa kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana kemampuan menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatanmenggunakan model Talking Stick pada siswa kelas III SDN Lirboyo 4 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018?, 3) Adakah perbedaaan kemampuanmenemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan dengan model Numbered Head Together dan Talking Stick pada siswa kelas III SDN Lirboyo 2 dan SDN Lirboyo 4 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Lirboyo 2 dan SDN Lirboyo 4, dengan jumlah 30 siswa SDN Lirboyo 2 dan 30 siswa SDN Lirboyo 4. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian  ini  berupa  tes dan angket.  Teknik analisis data menggunakan t-test related.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) siswa kelas III SDN Lirboyo 2 mampu menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan dengan model Numbered Head Together, 2) siswa kelas III SDN Lirboyo 4 mampu menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan  dengan model   Talking Stick, 3)   Ada  perbedaan   kemampuan menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan Talking stick pada siswa kelas III SDN Lirboyo 2 dan SDN Lirboyo 4 kota kediri tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci : Numbered Head Together, Talking Stick, unsur dan sifat bangun datar sederhana


Keyword

KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR DAN SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA BERDASARKAN PENGAMATAN, MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN MODEL TALKING STICK

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pusatkarya

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade