ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan bahwa guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang membosankan, yakni dengan ceramah dan pemberian tugas sehingga membuat peserta didik kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang dikatakan guru. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah.
Permasalahan penelitian ini yaitu (1) Apakah model pembelajaran SQ3R didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri? (2) Apakah model pembelajaran SQ3R tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran SQ3R didukung media visual dibanding model pembelajaran SQ3R tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data penelitian berupa tes, berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal pretest-posttest yang diberikan kepada siswa kelasIV SDN Sumberbendo I. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu (1) Penggunaan model pembelajaran SQ3R didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri dengan KK 92,8%. Hal ini terbukti dari nilai th= 10,605 > tt1%= 2,807 (2) Penggunaan model pembelajaran SQ3R tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri dengan KK 46,6%. Hal ini terbukti dari nilai th= 4,404 > tt1% = 2,831 (3) Ada perbedaan pengaruh antara Penggunaan model pembelajaran SQ3R didukung media visual dengan model SQ3R tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab.Kediri dengan keunggulan pada model pada model pembelajaran SQ3R didukung media visual. Hal ini terbukti dari nilai th= 6,883>tt 1% = 2,692 dan berdasarkan perbandingan nilai rat-rata posttest eksperimen 87,50 dan nilai posttest kontrol 73,64.
KATA KUNCI : Model SQ3R, Media Visual, Kemampuan mengidentifikasi pengaruh Globalisasi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prose-dur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta
Mintowati, Maria. 2003. Membaca.
Jakarta : Erlangga
Sukardi. 2015. Metodologi Peneliti-an. Bandung : Remaja Ros-dakarya
Wibawa, Basuki dkk. 1992. Media
Pengajaran. Jakarta : CV
Maulana