PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY,QUESTION,READ,RECITED,REVIEW) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENGARUH GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERBENDO I KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SELY SINTIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0285

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan bahwa guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang membosankan, yakni dengan ceramah dan pemberian tugas sehingga membuat peserta didik kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang dikatakan guru. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah.

 Permasalahan penelitian ini yaitu (1) Apakah model  pembelajaran SQ3R didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri? (2) Apakah model  pembelajaran SQ3R tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran SQ3R didukung media visual dibanding model pembelajaran SQ3R tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data penelitian berupa tes, berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal pretest-posttest yang diberikan kepada siswa kelasIV SDN Sumberbendo I. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.

Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu (1) Penggunaan model pembelajaran SQ3R didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri dengan KK 92,8%. Hal ini terbukti dari nilai th= 10,605 > tt1%= 2,807 (2) Penggunaan model pembelajaran SQ3R tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab. Kediri dengan KK 46,6%. Hal ini terbukti dari nilai th= 4,404 > tt1% = 2,831 (3) Ada perbedaan pengaruh antara Penggunaan model pembelajaran SQ3R didukung media visual dengan model SQ3R tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kec. Pare Kab.Kediri dengan keunggulan pada model pada model pembelajaran SQ3R didukung media visual. Hal ini terbukti dari nilai th= 6,883>tt 1% = 2,692 dan berdasarkan perbandingan nilai rat-rata posttest eksperimen 87,50 dan nilai posttest kontrol 73,64.

 

KATA KUNCI : Model SQ3R, Media Visual, Kemampuan mengidentifikasi pengaruh Globalisasi

 


Keyword

SQ3R DAN PENGARUH GLOBALISASI

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006.  Prose-dur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta

 

Mintowati, Maria. 2003. Membaca.

Jakarta : Erlangga

 

Sukardi. 2015. Metodologi Peneliti-an. Bandung : Remaja Ros-dakarya

 

Wibawa, Basuki dkk. 1992. Media

Pengajaran. Jakarta : CV 

Maulana

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade