PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA MATERI MENGOMENTARI TOKOH-TOKOH CERITA ANAK YANG DISAMPAIKAN SECARA LISAN PADA SISWA KELAS III SDN BUTUH 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

M.RIZKI FIRMANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0283

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil analisis observasi pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa siswa kelas III mengalami kesulitan dalam menguasai aspek berbicara khususnya dalam mengomentari tokoh-tokoh cerita yang disampaikan secara lisan terutama ketika mereka ditugaskan untuk menjelaskan rangkaian cerita serta menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa mereka masing-masing. Berdasarkan pengamatan tersebut siswa mengalami kesulitan karena pembelajaran yang diterapkan guru cenderung monoton atau hanya menggunakan metode ceramah, selain itu guru hanya menggunakan buku pelajaran yang sudah tersedia untuk bercerita di depan kelas.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui validitas media boneka tangan pada materi mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan pada siswa kelas III SDN Butuh 1 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. (2) Mengetahui efektifitas media boneka tangan pada materi mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan pada siswa kelas III SDN Butuh 1 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. (3) Mengetahui kemampuan mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas III SDN Butuh 1 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation), subjek penelitian siswa kelas III SDN Butuh 1 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli media, validasi ahli materi Bahasa Indonesia, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, dan soal evaluasi.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) validitas media dapat dilihat dari hasil validasi media pembelajaran dan materi pembelajaran yang memperoleh nilai sebesar 98% untuk uji validasi ahli media dan 96% untuk uji validasi ahli materi yang termasuk kategori sangat baik (tidak revisi/valid). (2) efektifitas media dapat dilihat dari hasil respon guru mencapai 100% dan respon siswa mencapai 99,2% yang termasuk kriteria sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan tanpa perbaikan. (3) kemampuan siswa mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan setelah menggunakan media boneka tangan meningkat. Nilai evaluasi pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 82,5%, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 94,6%. sehingga setelah menggunakan media yang telah dikembangkan terjadi peningkatan kemampuan sebesar 12,1%.


Keyword

a

Reference

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ernawati, Dwi Septiwiharti dan Anthonius Palimbong. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa, 1 (1). (Online), tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2518, diunduh 21 April 2018.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.  Jakarta: Kencana.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zunaidah, Farida Nurlaila, dan Mohamad Amin. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368, diunduh 6 Desember 2017.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), tersedia: http://www.komisiinformasi.go.id., diunduh 14 Juli 2018.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI