Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Didukung Media gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

YULI HARIYANTI PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0281

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang menggunakan metode ceramah pada saat menjelaskan materi pelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran Time Token didukung media gambar.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya sebelum diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung berhasil mencapai KKM? (2) Apakah kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya setelah diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung berhasil mencapai KKM? (3) Apakah model pembelajaran Time Token didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegaiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung sebelum diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar belum berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal 33,5% (2) Kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dpat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung setelah diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal 93% (3) Penggunaan model pembalajaran Time Token didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung.

 

Kata Kunci :Model Pembelajaran Time Token, Media Gambar, Kemampuan  Mendeskripsikan Proses Daur Air


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Djali, Mujiono Pudji. 2007. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Gramedia.

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI