Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang menggunakan metode ceramah pada saat menjelaskan materi pelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran Time Token didukung media gambar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya sebelum diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung berhasil mencapai KKM? (2) Apakah kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya setelah diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung berhasil mencapai KKM? (3) Apakah model pembelajaran Time Token didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegaiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung sebelum diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar belum berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal 33,5% (2) Kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dpat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung setelah diterapkan model pembelajaran Time Token didukung media gambar berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal 93% (3) Penggunaan model pembalajaran Time Token didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Buntaran 2 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung.
Kata Kunci :Model Pembelajaran Time Token, Media Gambar, Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Djali, Mujiono Pudji. 2007. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Gramedia.