ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi tanpa media pembelajaran di SD Burengan 1 Kota Kediri, bahwa pembelajaran bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media boneka tangan untuk meningkatkan pemahaman mengidentifikasi unsur cerita yang diharapkan dapat mengatasi kurangnya prestasi belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran boneka tangan untuk mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur cerita menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri? (3) Bagaimana keefektifan pengembangan media boneka tangan untuk mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan R&D Yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media boneka tangan memperoleh hasil 81% dari segi validitas media yang berartimedia boneka tangan termasuk dalam kategori”Sangat Baik”. (2) media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan siswa dinyatakan pada uji coba terbatas nilai siswa sebelum menggunakan boneka tangan dengan rata-rata kelas 80.00dan setelah menggunakan media boneka tangan menjadi 85.00. Sedangkan pada uji coba luas nilai kemampuan siswa sebelum menggunakan menggunakan media boneka tangan dengan rata-rata kelas 83.00 dan setelah menggunakan media boneka tangan menjadi 85.00. (3) Media boneka tangan menunjukkan keefektifan dengan memperoleh nilai pada hasil uji coba terbatas sebanyak 70% dan pada uji coba luas memperoleh nilai sebanyak 88%. Dengan demikian produk media boneka tangan direspon sangat baik dari guru dan direspon cukup baik dari siswa.
Kata Kunci : Media, Mengidentifikasi, Unsur Cerita
Kosasih. E. 2006. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung. Yrama Widya.
Sulianto, Joko. 2014. Profil Cerita Anak dan Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Berkarakter Untuk Siswa SD. (Jurnal. PGSD Universitas PGRI Semarang Jalan Sidodadi Timur No. 24 Semarang, email: sulianto.jo@gmail.com). Volume 1 Nomor 2 Oktober 2014. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Pendidikan Biologi Indonesia, 2, 19–30.
Kosasih. E. 2006. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung. Yrama Widya.
Sulianto, Joko. 2014. Profil Cerita Anak dan Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Berkarakter Untuk Siswa SD. (Jurnal. PGSD Universitas PGRI Semarang Jalan Sidodadi Timur No. 24 Semarang, email: sulianto.jo@gmail.com). Volume 1 Nomor 2 Oktober 2014. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Pendidikan Biologi Indonesia, 2, 19–30.