Pengaruh Model Cooperative Learning Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Pilihan Kata yang Tepat Siswa Kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2017/2018


Author (Penulis)

ETSA NOVIA HARDIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0277

Abstract

ABSTRAK
 
Etsa Novia Hardiyanti. Pengaruh Model Cooperative Learning Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Pilihan Kata Yang Tepat Siswa Kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2017/2018.
 
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, bahwa pembelajaran menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat masih banyak guru yang kurang maksimal dalam menggunakan model dan media pembelajaran. Kondisi tersebut menjadikan siswa kurang termotivasi yang berakibat rendahnya prestasi belajar siswa.   
 
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat dengan menggunakan model cooperative learning  didukung  media visual siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras. (2) Mengetahui kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat dengan menggunakan model pembelajaran langsung siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras. (3) Membuktikan ada-tidaknya pengaruh penggunaan model cooperative learning didukung media visual terhadap kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain quasi eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Pretest-Postest disign.  Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas Va dan Vb SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas Va sebagai kelompok eksperimen dan kelas Vb sebagai kelompok kontrol.  
 
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model cooperative learning berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras dengan ketuntasan klasikal 77,2%. (2) Penggunaan model pembelajaran langsun berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras dengan ketuntasan klasikal 48,15%. (3) ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model cooperative learning didukung media visual dibanding pnggunaan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras dengan keunggulan pada penggunaan model cooperative learning didukung media visual, terbukti dari hasil perbandingan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen 84,0 > nilai rerata postest kelompok kontrol 75,6.
 
Kata Kunci : Model Cooperative Learning, Media Visual, Menulis Puisi Bebas Dengan Pilihan Kata Yang Tepat.
 


Keyword

Media visual

Reference

Daryanto. 1993. Media Pembelajaran.  Yogyakarta: Gavamedia.
 
Isjoni. (2010). Cooperarive Learning,  Efektifitas Pembelajaran  Kelompok. Bandung:  Alfabeta.
Larasati, Niken. 2012.  Model  Pembelajaran Cooperatife Tipe  Picture and Picture  untuk  Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas, (Online),  tersedia: http://digilib.uns.ac.id  diunduh tanggal 22 Juni 2017.
 
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian  Pendidikan. Bandung: Alfabeta.  


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade