PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DIDUKUNG MEDIA VISUAL GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDI AL-FIRDAUS BLIMBING KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

JESSICHA AYU WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0276

Abstract

ABSTRAK

   Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran menuliskan karangan sederhana membutuhkan keaktifan serta kreatifitas siswa. Namun, pada kenyataannya rata-rata siswa belum mampu menulis dengan baik atau siswa mengalami kesulitan dalam membuat sebuah karangan sederhana. Siswa cenderung sulit menemukan kata-kata yang tepat untuk dikembangkan menjadi sebuah kalimat. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran Concept Sentence didukung media visual gambar seri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Concept Sentence didukung media visual gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana, untuk mengetahui pengaruh tanpa menggunakan model pembelajaran Concept Sentence didukung media visual gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana, dan adanya pengaruh penggunaan model Concept Sentence didukung media visual gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDI Al-Firdaus Blimbing Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas 3B dan kelas 3C dengan mengambil seluruh peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Penggunaan model Concept Sentence didukung media visual gambar seri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDI Al-Firdaus Blimbing Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019  dengan ketuntasan klasikal ≥ 75% yaitu sebesar 96,3% siswa yang tuntas atau mencapai KKM yang telah ditetapkan. (2) Tanpa penggunaan model Concept Sentence didukung media visual gambar seri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDI Al-Firdaus Blimbing Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan klasikal < 75% yaitu sebesar 42,9% siswa yang tuntas atau mencapai KKM yang telah ditetapkan. (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan model Concept Sentence didukung media visual gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDI Al-Firdaus Blimbing Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

 

KATA KUNCI  : Concept Sentence, Media Visual Gambar Seri, dan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana


Keyword

MODEL CONCEPT SENTENCE, MEDIA VISUAL, KARANGAN SEDERHANA

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Hamzah, dan Mohamad Nurdin. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovativ, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menerik. Jakarta. PT Bumi Aksara.

 

Kurniasih & Sani.2014. Strategi – Strategi Pembelajaran. Alfabeta:Bandung.

 

Slamet. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

 

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

 

Susanto, Ahmad.(2016). TeoriBelajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

 

 

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade