PENGARUH PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN DIDUKUNG MEDIA MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS III SDN JINTEL 1 KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

SISKA PRIMIFTA DEVI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0275

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjukdi bawah rata – rata. Tedapat fakta dari hasil observasi yang diyakinkan pada SD Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, tidak banyak guru yang menerapkan strategi dan metode yang tepat saat proses pembelajaran. Pembelajaran hanya mengandalkan metode ceramah, pembelajaran yang demikian menyebabkan anak mudah bosan dan mematikan keatifitas anak karena pembelajaran hanya berpusat pada guru. Faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya sarana yang memadai serta kurangnya semangat guru untuk mengembangkan desain pembelajaran dan media yang dibutuhkan saat poses pembelajaran.

Permasalahan pada penelitian ini adalah pengaruh pengembangan desain pembelajaran didukung media mozaik terhadpa kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.

Penelitian ini menggunakan teknik pre experimental dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sebagai populasinya adalah semua siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk sejumlah 24 siswa., dengan sampel adalah jumlah seluruh populasi yaitu 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah t test.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa hasil t hitung 12,703. Dengan demikian t hitung lebih besa daipada t tabel 1% yaitu 2,087 yang berdasarkan df 23 sehingga dapat digambarkan sebagai berikut th = 12,708 > tt 1% = 2,807. Sehingga hasil penelitian tersebut telah membuktikan bahwa pengembangan desain pemeblajaran didukung media mozaik berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.

Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan desain pembelajaran didukung media mozaik berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.


Keyword

Desain pembelajaran didukung media mozaik, kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Sagala Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta Yamin H. Martinis.2007. desain pembelajaran berbasis tingkat pendidikan. Jakarta : Gaung Persada

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade