Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjukdi bawah rata – rata. Tedapat fakta dari hasil observasi yang diyakinkan pada SD Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, tidak banyak guru yang menerapkan strategi dan metode yang tepat saat proses pembelajaran. Pembelajaran hanya mengandalkan metode ceramah, pembelajaran yang demikian menyebabkan anak mudah bosan dan mematikan keatifitas anak karena pembelajaran hanya berpusat pada guru. Faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya sarana yang memadai serta kurangnya semangat guru untuk mengembangkan desain pembelajaran dan media yang dibutuhkan saat poses pembelajaran.
Permasalahan pada penelitian ini adalah pengaruh pengembangan desain pembelajaran didukung media mozaik terhadpa kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan teknik pre experimental dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sebagai populasinya adalah semua siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk sejumlah 24 siswa., dengan sampel adalah jumlah seluruh populasi yaitu 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah t test.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa hasil t hitung 12,703. Dengan demikian t hitung lebih besa daipada t tabel 1% yaitu 2,087 yang berdasarkan df 23 sehingga dapat digambarkan sebagai berikut th = 12,708 > tt 1% = 2,807. Sehingga hasil penelitian tersebut telah membuktikan bahwa pengembangan desain pemeblajaran didukung media mozaik berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.
Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan desain pembelajaran didukung media mozaik berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Jintel Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.
DAFTAR PUSTAKA
Sagala Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta Yamin H. Martinis.2007. desain pembelajaran berbasis tingkat pendidikan. Jakarta : Gaung Persada
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA