STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA 3D DAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN TEMPAT SESUAI DENAH DENGAN KALIMAT YANG RUNTUT PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBIREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AVYNDA DEVYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0274

Abstract

 

ABSTRAK

 

Avynda Devyana : Studi komparasi penggunaan media 3D dan gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan tempat sesuai denah dengan kalimat yang runtut pada siswa kelas IV SDN Sambiirejo Kabupaten Kediri, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2019.

 

            Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi pada SDN Sambirejo, bahwa penggunaan media pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar masih sangat rendah. Guru hanya menyampaikan materi pembelajaran secara verbalisme tanpa adanya media.

            Tujuan penelitian adalah unttuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sambirejo dengan menggunakan media 3D dan gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan tempat sesuai denah dengan kalimat yang runtut.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa tes lisan. Analisis data menggunakan rumus uji-t.

            Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang menggunakan media 3D lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 yang menggunakan media gambar dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 = 81,76 dan rata-rata kelas eksperimen 2 = 75,05. Berdasarkan perhitungan uji-t menggunakan uji indenpendent sample t-test diperoleh  sebesar 2,310 dan  sebesar 1,682. Oleh karena itu, >  taraf signifikan 5% yang berarti bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar dalam pennggunaan media 3D dengan media gambar. Sehingga dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa media 3D lebih baik daripada gambar.

 

Kata Kunci : media 3D, media gambar, mendeskripsikan denah.

 


Keyword

MEDIA 3D, MEDIA GAMBAR, DAN MENDESKRIPSIKAN DENAH

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Dewi, R. N. L., & Laila, A. (2017). PENGARUH METODE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA SEPERTI KEBHINEKAAN SISWA KELAS III SDN PURWODADI KEC. KRAS KAB. KEDIRI TAHUN AJARAN 2015. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 170-179.
 
Fendrik, M. 2016. Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi Dan Dua Dimensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar, dalam jurnal mahasiswa PGSD, VII(3) 109-123

 

Mukmin, Bagus Amirul. (2016). PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBSIS PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1.(02)

 

Musfiqon, H. M. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

 

Sudjana, Nana. dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.

 

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

 

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV. Eko Jaya. (Online).

          (https://id.m.wikisource.org/wiki/Undang_Undang_Republik_Indonesia_Nomor_20_Tahun_2003), diakses pada  7 Agustus 2018.

 

Wahyu. Triadji. S. 2015. Metode Demonstrasi Dengan Media Tiga Dan Dua Dimensi (Gambar) Terhadap Hasil Belajar Siswa, dalam jurnal PGSD, VIII(3) 27-33.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade