PENGARUH MODEL WORDSQUARE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA KELAS 5 SDN BANDAR LOR II KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DESY ANA NURAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0273

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan bahwa pada kenyataan dilapangan guru hanya menggunakan model pembelajaran yang membosankan, saat melakukan pembelajaran guru hanya berceramah, sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang aktif dan hanya mendengarkan yang disampaikan guru.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada kelas V dengan menggunakan model Word Square tanpa didukung dan didukung media audio visual, serta mengetahui perbedaan pengaruh antara model Word Square yang didukung dan tanpa didukung media audio visual pada kemampuan mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada kelas V.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik penelitian Non randomized Control Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data penelitian berupa test, berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa kelas V SDN Bandar Lor II. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.

Hasil penelitian ini yaitu (1) penggunaan model pembelajaran Word Square tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SDN Bandar Lor II Kota Kediri dengan nilai rata-rata 63,40. Hal ini terbukti nilai th = 9,625 > tt 1% = 2,796. (2) penggunaan model Word Square didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SDN Bandar Lor II Kota Kediri dengan nilai rata-rata 81,48. Hal ini terbukti dari nilai th = 21,463 > tt 1% = 2,778. (3) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Word Square tanpa didukung media audio visual dengan penggunaan model pembelajaran Word Square didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SDN Bandar Lor II Kota Kediri dengan keunggulan pada model Word Square didukung media audio visual. Hal ini terbukti dari nilai th = 7,085 > tt 1% = 2,679 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest eksperimen 81,48 dan nilai posttest kontrol 63,40.

Sehingga dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Word Square didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada kelas V SDN Bandar Lor II Kota Kediri.  

 

KATA KUNCI  : Model Word Square, Media Audio Visual, Kemampuan Mengenal Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi

 


Keyword

WORDSQUARE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL,KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imas. 2006. Model-model Pembelajaran. Bandung : Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online), tersedia: http://www.ojk.go.id, diunduh 20 november 2018


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade