PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SD PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AGISTA KIKI LORENZA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0271

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara guru kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri. Dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi mendeskripsikan hubungan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya karena materi yang banyak dan tidak terdapat media perantara untuk memantapkan penanaman konsep pada siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dikembangan multimedia interaktif yang sesuai dengan materi.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada lima yaitu, (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi).

Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah test dan angket. Test digunakan untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa setelah penggunaaan multimedia interaktif. Sedangkan angket untuk mengetahui penilaian ahli terhadap multimedia interaktif dan respon guru serta siswa terhadap multimedia interaktif.

Hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi dua ahli dengan rata-rata menghasilkan skor 87% dengan kategori sangat baik. Hasil data respon siswa pada uji terbatas memperoleh skor 90% dapat dikategorikan sangat baik. Sedangkan data hasil respon siswa pada uji perluasan diperoleh skor 97,2% juga dengan kategori sangat baik. Pada hasil uji coba terbatas, angket respon guru memperoleh hasil akhir 90,7% dengan kategori sangat baik. Sedangkan data hasil angket respon guru pada uji perluasan memperoleh hasil akhir 100% dapat dikategorikan sangat baik. Dari hasil pre test diperoleh persentase ketuntasan sebesar 70,5%, sedangkan persentase ketuntasan setalah dilakukan post test adalah 90,3% dapat dikatakan ada peningkatan 19,8%. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan pengembangan multimedia interaktif efektif digunakan.

 


Keyword

a

Reference

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ernawati, Dwi Septiwiharti &Anthonius Palimbong. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa, 1 (1). (Online), tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2518. Diunduh 21 April 2018.

Pribadi, Benny A. 2013. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Zunaidah, F.N. &Amin, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368. Diunduh 6 April 2018


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI