Pengaruh Penggunaan Pendekatan Scientific terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi siswa kelas IV SD Negeri Sumbercangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

HANIK TRIANA PUSPITARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0270

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan
sosial (IPS) materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi masih belum optimal karena dalam
pembelajaran siswa pasif serta pembelajaran cenderung monoton sehingga tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai kurang maksimal. Peneliti akan mengkaji tentang pengaruh penggunaan pendekatan
scientific. Keunggulan pendekatan scientific ialah pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa
sehingga memungkinkan siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah
(1) Untuk membuktikan adanya pengaruh pendekatan scientific terhadap hasil belajar ilmu
pengetahuan sosial (IPS) materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN
Sumbercangkring (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh pendekatan ekspositori terhadap hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV
SDN Sumbercangkring (3) Untuk membuktikan adanya perbedaan pengaruh pendekatan scientific
dengan pendekatan ekspositori terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi sumber
daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Sumbercangkring. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dan teknik quasi experimental design dengan mengambil jenis nonequivalent
control group design, penelitian ini menggunakan instrument berupa tes tertulis (soal uraian bebas).
Hasil analisis dalam penelitian ini ialah (1) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig.(2-tiled) 0,000
<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan scientific berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV
SDN Sumbercangkring (2) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh diperoleh nilai sig.(2-tiled) 0,052 >0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan ekspositori berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV
SDN Sumbercangkring (3) berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig.(2-tiled) 0,000 <0,05 sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pendekatan scientific dengan
pendekatan ekspositori terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi sumber daya alam
dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Sumbercangkring.
 


Keyword

a

Reference

________ . 2003. Undang-Undang
Republik Indonesia No.20 Tahun
2003. Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Wiguna, FA. (2017). Pengaruh
Metode Pemberian Tugas
(Resitasi) Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Pada Mata
Pelajaran PKN Kelas IV SDN
Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2(1):48. Online. Tersedia: https://ejournal.unhasy.ac.id. Diunduh 22 April 2018. Huda, Miftahul. 2013. Model-Model
Pengajaran dan Pembelajaran
Isu-Isu Metode dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sardjiyo, 2014. Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran
Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya Sani, Ridwan Abdullah. 2015.
Pembelajaran Saintifik Untuk
Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
KOMBINASI (Mixed Methods) Bandung: Alfabeta Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan
Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI