PENGARUH METODE SPEED READING DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN INFORMASI SECARA CEPAT DARI TEKS KHUSUS


Author (Penulis)

MOH.ERIK PURWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0269

Abstract

ABSTRAK

 

Moh. Erik Purwanto: Pengaruh Metode Speed Reading dan Gaya Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Menentukan Informasi Secara Cepat dari Teks Khusus Siswa Kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata kunci: Speed reading, gaya kognitif, kemampuan, menentukan informasi

 

            Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar masih menggunakan metode konvensional. Pembelajaran kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa sulit menentukan informasi dari teks yang dibaca. Hal tersebut nampak dari siswa yang juga mempunyai minat membaca yang baik namun kurang untuk memahami informasi teks yang dibaca.

            Permasalahan penelitian ini adalah : (1)Apakah ada perbedaan antara peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan metode speed reading dengan peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional terhadap kemampuan menentukan informasi secara cepat dari teks khusus (2) Apakah ada perbedaan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dan gaya kognitif field dependent (FI) terhadap kemampuan menentukan informasi secara cepat dari teks khusus? (3) Apakah ada interaksi antara metode speed reading dengan gaya kognitif terhadap kemampuan menentukan informasi secara cepat dari teks khusus

            Penelitian ini mengunakan desain penelitian faktorial dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukorame 4 dengan jumlah siswa kelas A 25 siswa dan kelas B 25 siswa. Instrument penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan tes GEFT. Teknik analisi data menggunakan two way annova.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Ada perbedaan antara peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan metode speed reading  dengan peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional terhadap kemampuan menentukan informasi secara cepat dari teks khusus. (2) Ada perbedaan Gaya kognitif Field dependent dengan Gaya kognitif Field Independen terhadap kemampuan Menentukan Informasi Secara Cepat dari Teks Khusus. (3) Ada interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap kemampuan Menentukan Informasi Secara Cepat dari Teks Khusus siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.


Keyword

Speed Reading, Gaya Kognitif, Kemampuan, Menentukan Informasi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Noer, Muhammad. 2012. Speed Reading For Beginners. Jakarta :               Kompas Granmedia

Pitoyo, Andri. 2015. Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran           Menulis. Kediri : CV Dimar Intermedia

Widiatmoko, Irwan. 2011. Super Speed Reading. Jakarta: Kompas Granmedia

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

A, Sadirman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Https://www.google.co.id/search?q=sadriman+a.m+tentang+belajar &client=ucweb-b&channel=sb , diunduh 25 Mei 2018

Simanjuntak, Mariati. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Metode Speed Reading . Https://www.google.co.id/search?q=jurnal+simanjuntak+2014+meningkatkan+kemampuan &client=ucweb-b&channel=sb , diunduh 25 Mei 2018

Daraini, Rini. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Gaya Kognitif. Https://www.google.co.id/search?q=jurnal+rini+daraini+pengaruh+pembelajaran+berbasis+multimedia &client=ucweb-b&channel=sb , diunduh 25 Mei 2018

Y, Uzer. 2012. Teknik Quantum Speed Reading dalam Pengajaran Pemahaman Membaca. Https://www.google.co.id/search?q=jurnal+uzer+penerapan+teknik+quantum+speed+reading+dalam+pengajaran+pemahaman+membaca &client=ucweb-b&channel=sb , diunduh 25 Mei 2018

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade